hari pertama dan kantor yang adem

assalamualaikum Wr. Wb.

menyetujui kata totz:

Tempat KP:Solusi247

Bagian: Radar and Communication System

Kerjaan: Image Processing output antena berputar

selamat!!,kalian sedang membaca postingan blog pertama saya seumur hidup!!!,huahahaha..=))

seperti ngepost di blog,banyak hal lain yang baru pertama kali saya lakukan di KP ini,seperti ngekos (hahaha),naik ojek di jakarta (=p),ngeliat antena radar marinir langsung (wuihh,gaya ga tuh?,hehe,=p),dsb..

dari mulai datang aja deh ceritanya..

saya sampe jakarta hari rabu sore, sekitar jam setengah5, ga ke kosan dulu, langsung ke tempat kerja, ketemu sama bosnya. Intinya dia nawarin, mau hardware ato software, yg saya jawab kira-kira:  “apa aja dah pa,da belum paham dua”nya..T.T” hahaha..

lalu saya kenalan sama beberapa karyawan terdekat,dan ternyata,ada dua alumni elektro itb disana,hahaha,dunia sempit!!,anak 02 sama 04,yg satu telkom subjurnya,yg satu belum nanya. Dua”nya ramah dan baik hati 😀

singkat cerita,saya sudah di kosan dan beberes..

kamar saya tempatnya agak mojok,jauh dari pintu utama,makin lah panas,btw,jakarta PANAAASSS!!!!,aaarghh..

besoknya saya mulai kerja,sambil masih geje bakal ngapain,dateng jam 9 lebih,hahaha,bebas sih,=p..

setelah nyari” meja kosong sama colokan internet dan kursi,ada bapak” yang menghampiri saya,yg namanya sama dengan ayah saya (hahaha,ketawa dong!!) yang ternyata mau memberikan saya tugas sebagai kerjaan KP saya,yeahh,akhirnya..

seperti yg saya bilang diatas,kerjaan saya image processing,yg agak kurang telkom sebenernya,tapi yah sudahlah,yg penting ada kerjaan,hahaha..

jadi gini,output dari penerimaan antena berputar selama ini didetect pake spectrum analyzer,dan (katanya) belum ada yang bisa langsung dalam bentuk profil penguatan (dB) terhadap sudut putaran. Naah,entah ini cara yang pinter ato maksa(hehe) yang selama ini dilakukan RCS (tempat saya kerja) itu ngevideoin spectrum analyzernya,terus file video hasilnya dipecah jadi perframe file BMP,jadi ntar ada ribuan file gambar (antenanya satu putaran),terus si ribuan file ini dibagi-bagi ke beberapa orang untuk diliat gambarnya,terus dicatet peaknya berapa dB,dan dibikin tabelnya di excel,baru kalo semua udah beres datanya digabung lagi dan grafik profilnya bisa diplot (dari nomer frame bisa ketauan sedang di berapa derajat),gitu,rada maksa kan??,hahaha,entahlah..

nah,yg saya harus lakukan adalah bagaimana memproses ribuan gambar itu biar ga perlu makan banyak orang dan waktu,disinilah butuh image processing,karena kamera dan spectrum analyzernya dipasang konstan,jadi gambar sumbu”nya ga goyang,cuma si grafik outputnya yg berubah-ubah. Rencananya yg bakal saya lakukan adalah menggreyscalekan gambarnya,terus di rop di bagian sekitar tengah (dimana peak akan berada) terus dicari koordinat (pixel) berapa dia punya nilai intensitas paling tinggi,baru diconvert ke berapa dB kira” nilainya. Emang masih banyak flawnya,hahaha,tapi si bapaknya bilang buat awalnya ya gpp,ntar dimodif lagi sourcecodenya,hhmmphh,entahlah..

di hari pertama saya ini saudara”,saya ngelembur!!!,hahaha..

berhubung barebas pisan datang dan perginya,yah sudahlah..=p..

lagian kantornya tuh enaaak,adem(ini paling penting,dan demi judul,haha),sepi,musholanya mantap,internet lumayan kenceng,kursinya empuk,dan satu lagi khususnya buat anak elektro: ada MEJA PINGPONG!!!,hahahaha,cuma pas mau ngajakin main udah keburu sepi,haha,kita lihat besok deh!!..=p..

begitulah hari pertama saya,besok kembali lagi,dengan kantor sepi,soalnya pada pergi pengukuran di laut,cuma berdua di kantor kayanya,hahaha..

intinya,

1. kalo mau KP ato kerja,liat dulu tempatnya,kalo enak kan bagus,jadi semangat ke kantor terus,hehe..

2. kalo kita udah kerja ntar,terus ada adik kelas yang KP tolong diramahin,penting tuh,jangan ansos,hehehe..

3. kalo ada kerjaan susah,santai aja,kerjain dikit”,lama” juga ketemu celahnya..=)

4. jangan ansos,dimanapun kapanpun cari kenalan,apalagi kalo di tempat jauh,bisa sangat membantu.

udah ah,kepanjangan ga sih segini?,maklum belum pernah nulis blog,hahaha..

semangat buat yang lagi KP juga!!!..=)

tetap bersabar buat yang belum dapet..:D

semoga KP kita semua sukses dan bermanfaat..

aamiiin..

sampai jumpa lagi..=)

M. Shiddiq S.H.

13206074

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Advertisements