Tragedi Interview Gubraaak di Sela-sela Hari UAS!!

Nah, yang ini cerita konyol seputar KP yang sialnya gw alami di tengah-tengah gejolak serangan UAS yang membabi buta. Waktu itu, lagi ada kelas Elektronika Komunikasi yang lagi ngebahas bahan buat UAS, dan gw dengan konsentrasi tingkat tinggi, mencoba memerhatikan Pak Munir walaupun akhirnya tetap ga ngerti apa yang beliau sampaikan.

Tiba-tiba.. Hp gw bergetar.. Lho, kok nomor Jakarta yaa? siapa ini? Ternyata itu adalah telepon dari HRD Perusahaan Tempat KP Impian Gw , sebut ajalah PTKPIG (ga enak nyebut2 perusahaannya, hihi) yang meminta gw buat interview untuk KP disana. Gw pun tercekat. Padahal sebelumnya gw udah hopeless sama ni perusahaan soalnya kata salah seorang dosen, perusahaan ini emang lagi ga buka KP, jadilah gw ga pernah ngimpi2 lg KP di sini. Makanya, perasaan gw campur aduk, seneng, kaget, juga bingung begitu nerima kabar ini, karena sehari sebelumnya gw jg udah dapet konfirmasi dari Perusahaan Tempat Gw KP Sekarang , ayo kita sebut PTGKPS, kalau gw udah diterima KP disana. duuuh…Ya Allah, apa arti dari semua ini?? (Lebaaay)

Singkat kata, gw akhirnya nekat ikut interview di PTKPIG ituuu.. Padahal besok lusanya masih ada ujian dan gw bela-belain ke Jakarta dengan harapan setinggi langit. Begitu sampai di kantornya, gw udah excited banget, soalnya terasa banget daah atmosfer multinasionalnya. Terus, abis ketemuan sama Hana, kita sama-sama ke lantai 11 tempat kantor PTKPIG itu berada. Sambil nunggu, gw ngliatin lambang ni perusahaan. Dipikir2 bentuknya tuh mirip sama rambatan gelombang elektromagnetik yang ada di cover buku Medan Elektromagnetik karangan Mbah Magdy Iskander, hihi..

Laluuu, akhirnya tiba juga saat-saat mendebarkan itu. Gw dipersilakan masuk ke sebuah ruangan meeting, yang ga berapa lama kemudian masuklah seorang pria berkulit putih dan bermata agak sipit (ga bermaksud rasis yaa) dan seorang ibu-ibu berambut pendek yang terlihat smart. keduanya lalu memperkenalkan diri, yang bapak ternyata namanya Menteg, nama yang sama sekali ga Indonesia banget. Yaiya, soalnya dia orang singapura gituu. Yang ibu lupa namanyaa. Si Menteg ini ternyata manager di bagian business excellence. Dengan bahasa inggris yang kental dengan logat Singapur alias Singlish, beliau pun memulai interview yang kurang lebih isinya begini:

Menteg: Hi. My name is Menteg, I am manager in business excellence division. Aaa, we are looking for trainee who can work for us for 6 months because our division has so many tasks to do,so we need help from trainee like you. please tell me about yourself..

(sebenernyaaa, dari sini gw udah binguuuung, lho, koq dia sebut2 6 months sih, jelas2 ya kynya gw apply buat KP 2 bulan doaang.. hmm..tapi gw pikir kynya mungkin bs kali klo 2 bln, jadi yaa gw terusin aja ngenalin diri gw..)

Me: My name is Bunga Wijayanti..I am now in third year of my study..blablabla… My activities are..blablablaa..I am planning to go for exchange to Japan..bla..

Menteg: Waiiit!!! Are you planning to go to Japan haa?? What month will you go?

Me: October , sir.( smbil ngelap2 busa di mulut gw, soalnya nih gw udah ngenalin diri panjang lebaaar,,sampe mulut berbusa, hihi)

Menteg: What?? and you said that you’re in the third year? how many years should she finish her study? (nanya ke si Ibu2 smart di sebelahnya. Buset dah ni orang ko tiba2 panik gini..)

Me: four.. years, Sir.. (gw takut2 ngejawabnya..takut dia tambah panik, kan berabe kalo dia kenapa2!)

Menteg sambil nepuk jidat trus heboh2 sendiri ngomel2 : Aaaarrrh..It must be Dany!! How can.. ehhhm… (duh, keliatan banget lg ngatur emosi..) Okee..Bunga, I think our objections just don’t match each other. You look for Kerja Praktek for 2 months, and we look for trainee who can work for us at least 6 months, and we will consider as internal employee later!! Okay..

Me(bengooooonggg): Whaaaatt..????!!  (apaa-aaapaaaan iniiiiihhhhhh….. becanda ya, Mister??)

Menteg:  Yaah,  I think  Dany (diduga kuat orang HRD nya yang koq rada gebleeek yaa) catch the wrong requirements from me. I said that I looked for fresh graduate, and you haven’t finished your study yet.. It’s just like a plug, the male and female part must be matched. But we dont!

Me (masih bengoooong): Oohh…I see..sir..It’s okay (tapi dalam hati sumpah gw ngumpat2 sendiri..Sabar Naa, sabaaar)

Menteg: we feel so sorryyyy.. please come back again here after you graduate. lPlease, don’t have bad impression to us..

Me: ….*&^%%$##@ (Well…Bad impression mode on, Siiiirrrr!!!)

Bgitulaaaah..akhirnyaaa… interview yang super gubrak yang pernah gw alamin. Yaa…Pelajaran sih buat gw juga untuk lain kali lebih ga usah terlalu berharap. Alhamdulillah gw belum ngancel perusahaan satunya, jadi gw masih bisa KP, coba kalo udah gw cancel duluan demi perusahaan si Menteg inii?? bener2 ga lucuuuuu….

akhirnyaaaa… gw ketawa2 deh sama Hana gara2 kejadian ini.. Tau gini maaah ga usah capek2 ke Jakarta deh.. hehe..Tapi ya tetep ada hikmahnya koq .. siapa tau ntar pas lulus gw bs kerja disini gara2 si Menteg ga enakan sama gw..hahahaha..tuuu kan Naaa, ngareeep lagiiii..:P