Minggu Pertama KP:)

Sebenarnya saya sudah ingin menulis postingan tentang hari pertama KP sejak kemarin2.. Tapi ntah kenapa selalu tidak sempat. Jadinya ya berhubung sekarang sudah hari Jumat, jadi dirapel saja ya teman2 jadi bukan Hari pertama KP, tapi Minggu pertama KP, hehe..Oh iya, akhirnya saya KP di PT Indosat di Jalan Merdeka Barat, deket Monas.

Hari 1, Selasa, 2 Juni 2009

Tanggal dua Juni kemarin, tepatnya hari Selasa, sebenarnya kata Oom Wil (yang ngurusin orang KP di Indosat), kami dipanggil untuk penjelasan dan teken kontrak, jadi saya pikir kayanya mah ga akan sampe sore. Tapi ternyata dugaan saya salah. Selain penjelasan tentang aturan gono gini bagi peserta KP, kami juga mendapatkan training tentang Etika Bisnis dan Penampilan kerja oleh seorang trainer cantik. Total peserta KP di Indosat cukup banyak, dari ITB saja 14 orang, rameee pisaaan. Tapi pada akhirnya tetap ditempatkan di divisi yang berbeda-beda. Di training itu kami di ajarkan tentang bagaimana beretika di dunia kerja, bagaimana bersosialisasi dan bergaul. Juga bagaimana cara kita berpenampilan, mulai dari berpakaian, mengikat rambut, bersepatu, duduk, berdiri, jalan, senyum, mengucapkan salam, menyapa, sampai cara ambil pulpen. Cowo sama cewe beda . Yang cewe maah riweuuuh pisaaan..

Training ini tentunya sangat bermanfaat bagi saya yang selama ini cenderung cuek sama penampilan dan cara bersikap. Baru tau deh kalau di kantor, ngiket rambut buat cewek sebaiknya jangan pakai karet atau jepit bebek ( itu lho,jepit yang sering saya pakai kalo ngampus, yg rambut diuwel2, trus dijepit sejadinya, haha), tapi harus menggunakan cepol. terus penampilan juga bisa dihitung, kalau siang 6-9 yang menandakan jumlah atribut dan aksesoris yang menempel di badan kita. Cara berdiri cewek juga harus anggun, udah kaya putri Solo deeh, kaki rapat, telapak kaki membentuk huruf V, terus tangan kaya ibu-ibu mau paduan suara. Kalau ngambil benda jatuh juga ga boleh asal nunduk terus ngambil, soalnya kita kudu menghargai orang di belakang dan di depan kita. Nah, waktu diajarin cara jalan yang bener, semua orang dimintain nyoba satu2.. Nah pas giliran saya yang disuruh jalan, eh saya disuruh ulang lagi terus dikomentarin, “Cara jalan kamu masih salah, mbak, ntar latian lagi ya di rumah..” wahaha..ketauan deh klo selama ini jalan gw tuh ngga anggun ;P

Hari pertama ini intinya training dan pembagian tempat kerja. Saya ditempatkan di divisi Network Fault Management di gedung Menara BDN. Di situ saya sendirian (huaaa),tadinya sih saya ditempatkan di bagian RTNP (Radio Transmission Network Planning), tapi karena di situ ada Angel juga, si Oom Wil takut ntar kita bakal ngobrol2, jadi deh dipisahin, hahah..untungnya di gedung BDN ini juga ada Bos sama Marcell, jd klo istirahat ngga sendiri πŸ™‚

Hari 2, Rabu 3 Juni 2009

Hari kedua ini,saya pertama kalinya masuk kerja praktek di divisi saya. Awalnya saya diberi arahan oleh kepala divisi, kemudian diberi penjelasan oleh mentor. Di Bagian saya (Network Fault Management), ada 4 cakupan, Cellular , Transmission, Fault Tracking sama Support and maintenance, yang intinya adalah bertugas untuk monitoring transmisi dan cellular terus kalau ada fault, ada alarm yang ngasih tau dan fault ini kemudian ditracking dan dicari solusinya. Tools untuk memonitor sistem alarm ini disebut OSS (Operating Support System) dimana tim-tim dari divisi ini harus tetap memantau alarm 7×24 Jam!!!! Makanya kerjanya sistem shift per 8 jam. Hari ini saya diajak oleh tim untuk ke Operation Monitoring Center (OMC) yang terletak di gedung KPPTI(Kamtor Pusat PT Indosat) podium belakang. Keren deh ruangannya kaya di film, jadi masuknya pake akses khusus, trus di ruangan ini isinya meja2 panjang dengan monitor2 yang dipantau masing2 oleh seorang teknisi, di depan ada layar2 lebar yang ga tau buat apa. OMC ini ya ruangan buat monitoring transmisi se Indonesia. Kereeen!! trus abis dari sana, kami ke Command Center,ruangan yg lebih keren lagi.

Command Center ini lebih kecil. terus pas masuk tuh dingiiin bangeeet.. di dalam cuma ada 4 orang..3 lagi sibuk coding ntah apa, 1 lagi terkapar tidur. di atas meja gelas2 starbucks berserakan. duh, ini muka2 serius ala anak IF..hmmm..pasti lagi pusing deh dengan program2.. salah satu dari mereka ada orang India, yang paling banyak ngomong dan ngasih komando. ternyata mereka sedang upgrading aplikasi OSS yang baru, yang ternyata bisa makan waktu sampe 3 hari. Yang paling menarik sih dinding ruangannya, yang berupa foto pemandangan gunung hijau dan sungai dan bunga2 yang baguuuuus banget..saya aja sampai tersepona melihat pemandangan itu.Ternyata dinding itu dirancang untuk menghilangkan stress, karena emang tekanan kerja buat para codinger ini beraaat banget, ngoding..ngoding..upgrade..fiuuuh…semangat yaa! X)

Hari 3, Kamis 4 Juni 2009

Yep, ini hari Kamis. Waah, udah mau Jumat aja. Hari ini intinya saya berdiskusi dengan mentor mengenai topik KP saya untuk laporan. Akhirnya mereka menawarkan Aplikasi Software M2000 V2R5 untuk OSS Jaringan GSM Huawei di Indosat. Mentor-mentor saya yang jumlahnya 3 orang ini , Pak Iwan, Pak Asep dan Pak Bambang jebolan elektro ITS dan asik diajak ngobrol. Santai tapi serius. Mereka juga mau mempercayakan beberapa tugas kepada saya, seperti membuat rancangan topologi jaringan yang terupdate dengan menggunakan Visio Network untuk daerah Kalimantan. Seneng banget dapet kerjaan :). Yang menyenangkan lagi di Indosat, banyak teman senasib yang lagi KP. Waktu istirahat saya main ke ruangan Marcell dan Boss,buat ngrumpi dan foto2 menggunakan IPhoto di laptop Marcell (foto langsung diupload lho ke FB). Terus berpetualang kuliner di daerah Sabang setiap makan siang, atau sekedar nemenin si Marcell ke smooking room, ngapain lagi kalo bukaaan..hehe.. Intinya kita trio Indosat BDN yang kompak..:)

Hari 4,Jumat 5 Juni 2009

Yeeey, Hari Jumaaat!! Senangnyaa.. Pagi itu suasana kantor cukup santai. Hanya beberapa yang terlihat serius mengerjakan sesuatu. Bahkan beberapa sudah ada yang berganti baju olahraga buat senam atau fitness. Orang-orang malah banyak yang asyik ngobrol, becanda, tidak sehectic biasanya. Saya pun pagi itu hanya finishing tugas bikin update topologi jaringan, terus browsing2 deh. Kemudian jam 10 main ke tempat Marcell dan Boss, ngegosip sambil makan muffin :D. Terus kita sepakat untuk ke gedung Indosat Pusat untuk mengunjungi perpustakaan di sana, cari referensi format laporan..sekalian berniat pulang cepat, ahahaha..Di perpustakaan, kami bersama Angel dan Rieke (anak KP dari Aussie) bareng-bareng ngopy laporan orang sambil teteup ber I Photo :). Hari itu, kami pulang jam 15.00..hmm..dicek ga ya sama mentornya??Hadeeeuuh..

Begitulah sekilas minggu pertama saya KP di PT Indosat. CUkup menyenangkan, tergantung bagaimana kita mencoba menyikapinya dengan positif. Saya selalu teringat pesan Rachma EL2005, ” Na, ntar lo kalo KP jangan kaget yaa..jangan terlalu berekspektasi tinggi. Karena gimanapun juga kita belum lulus dan pastinya belum terlalu dipercaya buat macem2..jadi enjoy ajaa..”
dan begitulaah..ketika saya ngga tau mau ngapain,mentor lagi rapat (alhasil saya dicuekin) saya tidak boleh mengeluh. Toh kadang karyawan tetap juga tidak selalu ada kerjaan, main FB atau YMan di jam kerja mah udah biasa buat mereka, apalagi saya yang hanya mahasiswa KP??? Selain itu yang penting saya belajar bersosialisasi di kantor, belajar bagaimana bersikap. Ga boleh bersikap arogan, yang sering menjadi cap anak2 ITB.

KP juga dibawa santai aja,apalagi kalo bareng temen2, kadang2 seru sih kalo menggila bareng2 di kala KP, misal curi2 waktu ngrumpi di saat sama2 ga ada kerjaan, hihi..

Duuh,maaf postingan terlalu panjaaang x) Semangaaat yaaa semuanyaa..

Miss u all

