Day 1 : Safety First !!! then Jogging Time

Bontang, 8 Juni 2009

@ Kantor dilanjutkan di Home


Oke sobat KP semuanya, hehe..3x mari kita lanjutkan cerita perjalanan KP para petualang di Bontang. Mari yuk mari, persiapkan kopi dan snack tentunya. =)

Hari ini aku bangun pagi, tidak lupa wudhu dan sholat subuh. Abis sholat langsung ke kamar mandi karena tiba-tiba terasa “panggilan alam”, hehe..3x Yeeesh, hari ini adalah hari pertama aku melaksanakan Kerja Praktek. Kira-kira gimana yah ntar di Kantor/Pabrik? Kemarin malem aku mendapat instruksi harus datang ke gedung Pendidikan dan Pelatihan Pt. Pupuk Kalimantan Timur sekitar pukul 7 pagi dengan menggunakan baju berkerah, boleh kemeja atau kaos berkerah. Di PKT ini, peserta Praktek Kerja Lapangan atau dikenal dengan PKL dibebaskan untuk menggunakan celana jeans. Yaiyalah kan kita bukan anak kantoran, hehe…3x

Hmm, aku dan anak-anak tiba di gedung Diklat jam 7 kurang 2 menit, hampir aja telat. Nah di sana, kami bertemu dengan peserta PKL lainnya. Kebetulan yang hadir lebih pagi adalah anak Informatika (pantes saja) Si Gerry dan Teddy, lalu kami menyapa mereka. Tampilan mereka sangat berbeda, baju dimasukin, pake kemeja, dan celana bahan. Super rapilah, emang beda informatika dan elektro, hehe..3x Tapi ada yg beda, mereka menggunakan Badge “Tamu”. Oh ternyata tadi pas masuk ke area kantor kita lupa lapor satpam dan meminta tanda pengenal, akhirnya kami balik lagi ke pos satpam untuk mengambil badge tsb. Yah, telat deeeh…

1

Haha, emang lagi hoki, ternyata yang ngurus kita selama PKL, yaitu bagian SDM, Pak Bambang Gunawan juga telat hadir sehingga kami aman =) hehe..3x Sekitar pukul 07.20 datang bapak-bapak bernama pak Siin yang meminta persyaratan tambahan yang kami bawa seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Sehat, dan Foto. Dia bertugas untuk mengurusi pembuatan Badge karyawan untuk kami. Enak juga ya serba dilayani di PKT. Badge ini berguna untuk memasuki kawasan Pabrik.

2

Pada pukul 07.40 kami dipanggil Pak Bambang untuk menghadap ke ruangannya. Ruangan nya cukup bagus, ternyata dingin sekali di sini. Beda banget dengan udara luar yang panas dan lembab. Kami mendapatkan pengarahan dari beliau. Hari ini kami belum memulai untuk bekerja. Harus mengurusi beberapa masalah administrasi dan beberapa training selama 2-3 hari. Hal ini dimaksudkan karena kamiharus mengenal lebih dalam dulu baru diperbolehkan untuk terjun langsung ke lapangan.

Menu hari ini adalah 2 buah Training, yaitu PDPE atau dikenal dengan Pengisian Data Pribadi & Evaluasi dan training kedua adalah mengenai K3LH atau dikenal dengan sebutan (Keamanan dan Keselamatan Kerja Lingkungan Hidup). Kami berangkat menuju kantor Kamtib untuk dilakukan pemeriksaan PDPE. Hal ini bertujuan, jika terjadi kerusakan seperti kebakaran, dll maka mereka akan mudah mencari keberadaan kami, hehe..3x Semoga tidak terjadi >_<

3

Training PDPE ini dilakukan dengan menggunakan sistem Ujian, jadi kami diberi waktu selama 2 jam untuk mengerjakan seluruh soal. Aduh mana belum belajar, udah di suruh ngerjain soal, seperti kuis dadakan lah. Tes PDPE ini bersifat “terbatas”, kami dilarang untuk membicarakan isi pertanyaan dan jawaban yang diisi. Tapi ada beberapa pertanyaan aneh yang pengen gw kasi tau ke kalian, tapi diem-diem yah, hehe..3x cuma sebagian aja

3.) Apakah Saudara mengetahui Pancasila ? //Aneh aja masih dipertanyakan

4.) Apakah Pancasila perlu dipertahankan? bagaimana caranya ? //aduh soal PPKN banget nih, hehe

5.) Apakah Pembukaan UUD 45 bisa diubah?

6.) Sebutkan 6 rukun iman dan 5 rukun islam !! //untung gw masih inget =)

7.) a. Agama yang dipeluk sekarang?

b. agama yang dipeluk sebelumnya?

Akhirnya ujian pertama telah selesai, berikut ini adalah skrinsut dari suasana ujian PDPE

6


Setelah selesai tes tersebut, lembar ujian dikumpulkan dan diberi cap 3 jari. Kami diberi waktu untuk istirahat selama 15 menit sebelum memasuki training kedua mengenai K3LH.

Training kedua adalah mengenai K3LH, Instruktur yang memberikan materi adalah Pak Tri Harso. Beliau menjelaskan tentang pentingnya dalam mentaati segala peraturan K3. Hal ini untuk menekan resiko terjadinya kecelakaan kerja. Sebelum memulai materi, kami juga diberikan tes awal sebanyak 50 soal selama 30 menit. Pada tes awal ini, kami harus mencapai skor minimal 70. Jika tidak, maka waktu kami untuk turun ke lapangan akan semakin lama dikarenakan harus mengikuti ujian ulang. Untung saja nilai kami bertiga diatas 70, kecuali satu orang. yaitu Si kevin. Hahaha !! akhirnya Si Kevin IPK tertinggi Elektro harus mengikuti ujian remedial. Ternyata Pak Tri Harso cuma nakut-nakutin, Kevin cuma di suruh menghadap selama 5 menit untuk diberitahu mengenai kesalahan dia dan akhirnya diloloskan juga.

Pak Tri harso menjelaskan mengenai perlengkapan K3 yang harus digunakan seperti sepatu safety (yang bagian depannya keras), penutup telinga pada saat di pabrik, badge atau tanda pengenal, dan helm kerja (untuk mahasiswa PKL, warna helm yang digunakan adalah kuning atau oren). Seluruh karyawan baik top level manager hingga operator wajib mengikuti seluruh prosedur K3 di pabrik. PKT memiliki beberapa pabrik, yaitu pabrik Kaltim 1, Kaltim 2, Kaltim 3, Kaltim 4, Popka, dll. Setiap karyawan yang ingin bekerja di pabrik harus memiliki safety permit untuk berkerja di sana agar manager mengetahui siapa saja yang berada di lokasi tersbut yang dibolehkan untuk bekerja.

Berikutnya adalah mengenai teknik proteksi dari bahaya. Pertama jika terjadi kebocoran gas amonia, maka kita diharapkan untuk melihat arah angin dan berlari ke arah yang berlawanan sambil menghindar. Gas amonia sangat berbahaya jika dihisap dalam kandungan yang berlebih. Gas ini dapat menyebabkan sesak nafas hingga pingsan. Berikutnya jika terjadi kebakaran kecil yang masih dapat diatasi sendiri, kita wajib untuk memadamkannya dengan APAR, jika kebakaran mulai membesar sebaiknya melapor pada PMK (pemadam kebakaran) untuk ditangani lebih lanjut.

Selanjutnya kami diminta untuk tidak mengambil gambar di dalam pabrik. T.T cukup menyedihkan, jadi gw tidak bisa melaporkan kondisi pabrik kepada kalian, kecuali sembunyi-sembunyi, hehe..3x Akhirnya setelah pukul 12.30 training mengenai K3LH selesai juga. Hari yang cukup melelahkan karena mesti berpikir terus. Dan ini dia saat-saat yang telah ditunggu.

MAKAAAN SIAAANG , hehe…3x

Kami langsung menuju ruang makan di gedung pertemuan kantin PKT. Pertama kali datang, ga nyangka kalo makan siang nya berbentuk prasmanan dan menggunakan round table, jadi mirip acara nikahan, hehe..3x Gw kira kita bakalan cuma dapet nasi box. Lauknya lumayan enak, ada rendang, ikan tepung, puding,dll.

Ini dia skrinsut foto kami setelah kenyang

7
8

Setelah makan siang kami kembali ke gedung Diklat, lalu sholat Dzuhur. Setelah sholat kami menghadap kembali ke Pak Bambang. Namun pak Bambang belum datang ke lokasi. Setengah jam kemudian pak Bambang datang, kami pun langsung menghadap beliau.

Berita gembira….ternyata untuk hari ini cukup sampai di sini, kita boleh pulang. hehe..3x

Sebelum pulang kami mampir dulu ke perpustakaan untuk numpang ngenet, lumayan cepet juga internet di sini. Gw manfaatin deh buat nulis sebagian cerita blog ini =)

Sorenya 16.00

Sorenya kami pulang dari kantor setelah puas main internet, lalu keliling kompleks perumahan PKT dan pabrik untuk melihat -lihat fasilitas yang dapat kami gunakan seperti lapangan tenis, golf, renang, fitness, dll. Nah untuk hari pertama ini kami memustuskan untuk olahraga JOGGING… olahraga setelah kerja emang menyenangkan, keliling perumahan, melihat pemandangan,dll. Hidup yang menyehatkan. kami berlari sekitar 30 menit, kira-kira cuma 3-4 Km aja. Hari ini jangan terlalu diporsir olah raga, mesti bertahap. Semoga gw jadi lebih kurus, hehe…3x amin

10