Awal-awal Kerja Praktek

Weyy… akhirnya bisa buka wordpress juga! dari kemaren udah pengen nge-post tapi wordpress ini tidak bisa-bisa dibuka.

Huff… KP…

Oh iya, pertama-tama saya KP di labtek Achmad Bakrie lt.3, pada tahu kan dimana? jadi gampang lah ya ngebayanginya😀. saya KP bersama dengan 3 teman kita yang lain yaitu Arta, Fatima, dan Antony. Sebenernya topik KP ini proyek dari PT. Tesena yang ada di Jakarta (tempat KP-nya Keke, Triguna, Riky!) tapi di kerjain sama anak-anak BME ITB di Bandung tentu saja.

Pada awalnya yang kami tahu tentang topik KP kami adalah instrumentasi ECG 3 leads dan 3 kanal. (oh iya, ECG itu kepanjangan dari Electro Cardio Graph yang digunakan untuk mengukur sinyal jantung.) Denger topik KP yang seperti itu saya langsung jiper. “What? bikin EKG?? Menurut loo…” Apalagi setelah tanya-tanya sama tim tersebut tentang instrumentasinya, tentang filternya yang berlapis-lapis dan teman-temannya yang blahblah kyahkyah, makin nggak ngerti lah saya, makin jiper… Tapi setelah akhirnya mengikuti meeting bersama Mbak Astri tanpa Bu Tati saya dan lainnya mengerti apa tugas kami. Ternyata kami tidak disuruh melalukan instrumentasi ECG tersebut (yang 3 leads 3 channel dan nggak tahu apa bedanya sama yang 12 leads blahblahblah). Alhamdulillah! Yang harus kami kerjakan adalah melakukan interpretasi data hasil keluaran ECG-nya saja…  Huff…

Ternyata kami baru benar-benar mulai KP itu tanggal 15 Juni 2009. Jadi selama seminggu ini yang kami lakukan hanyalah studi literatur dan mempelajari Tesis yang dibuat oleh Mas/Pak Ronny Mardiyanto lulusan S2 BME 2004. Tesis beliau itu tentang Perancangan dan Realisasi Prototip Elektrokardiograf Berbasis Mikrokontroler. Tapi pada tanggal 23 Juni 2009 nanti kami sudah harus mendapatkan: 1. Database keluaran ECG dan cara baca universal-nya (jadi database ini cuma bisa dibaca oleh software tertentu saja), 2. Interpretasi sinyal keluaran R to R (jadi karakteristik kesehatan seperti apa yang mempengaruhi bentuk sinyal R to R), 3. Interpretasi gelombang T dan P (dan gelombang lain kecuali QRS), dan 4. Algoritma yang biasa digunakan untuk interpretasi gelombang. Hmm… doakan kami! semoga bisa ya… Amiiiin. Oh iya, di KP ini kami diharuskan untuk bikin LogBook lohh…

Oh iya, sekalian berbagi. Jantung itu sinyalnya ada banyak jenisnya, karena yang bekerja dalam memompa darah juga nggak hanya 1 katup. setiap tekanan yang diberikan akan menghasilkan sinyal yang berbeda, misalnya saat darah dipompakan dari atrium kanan ke atrium kiri maka pada ECG akan terbaca sebagai sinyal P dan teman-temannya. mungkin gambar dibawah bisa memberi sedikit gambaran:

sinyal jantung

Jadi setiap sinyal itu dapat merepresentasikan kondisi jantung di tiap bagiannya. penyakit-penyakit apa saja yang diderita oleh orang dengan karakteristik sinyal jantung tertentu. Yahh… seperti itu lah kira-kira.

Yup, segitu aja sharing dari saya. Sedih deh nggak bisa buka wordpress kemaren-kemaren. Kenapa ya? nggak mungkin di blokir kan?

Happy KP everyone!