KP Chevron Part 2

Hari kedua disini (hari Rabu, 3 Juni), kami diserahkan ke pembina/mentor, Pak E, nama dirahasiakan, biar ga kena UU ITE (??). Pak E ini bersarang (halah) di sebuah gedung bernama IT Tower. Awalnya, bincang-bincang biasa (skip aja, ga ada yang bs dibanggakan..wkwk). Belakangan, Pak E liat saya bawa-bawa ‘sesuatu’ (laporan ank2 KP tahun kemarin). Spontan, Pak E bilang “Tuh udh ada laporan, tinggal copy paste kan? KP kok susah..”. Kita berdua pun terbang ke awang2 J

Siangnya, disuruh ke REM (lupa kepanjangannya) dan akhirnya Cuma ngeliat si Bapak2 ngukur redaman antenna blablabla, konfigur2 Vortex dan Sinaut, scada2an gitu deh.

Hari ketiga (Kamis), paginya diajak ke field sama Pak Y, temennya Pak E.. Yihaaa. Ngeliat EOR (Enhance Oli Recovery gitu?). Sebelum masuk EOR, kita semua diharuskan make PPE (si helm, kacamata, dan sepatu bot itu), gaya bener, sayang ga bisa foto-foto. Pas masuk gerbang EOR, ada tulisannya “Waspada bahaya binatang berbisa”, trus gambarnya gambar kalajengking, lebah sama ular.. Hih.

Dari EOR, diajak troubleshoot ntah-apa di sentra apaa gitu. Di hari ketiga ini, kita juga dikasi liat ruang scadanya chevron yang ngontrol semua listrik di seluruh daerah Chevron Sumatera. Keren, di ruangan itu ada monitor gede banget. Tau dinding ruang 9132 yang di GKU Timur? Lebarnya kira2 segitu kali ya. Itu khusus buat monitoring sadja. Trus ruangnya itu secure bgt, bwt masuk aja butuh autentifikasi. FYI, chevron itu punya PLN sendiri, namanya PG&T, jadi ga make listrik dari PLN. Sayangnya, siangnya kita ke REM lagi.. Bosannn.. Untung Pak E dateng dan nanyain kita mau kerja apa. Dan kita (saya lebih tepatnya) pun milih kerja di IT Tower aja. Soalnya, di IT Tower gampang klo nyari referensi (baca: alasan biar bisa ngenet, kan ada wi-fi, ga kek di REM >J)

Hari keempat (Jumat), kita dibawa ke pusat monitoring radio se-Chevron Sumatera. Disini, kita malah diajak ikutan rapat. Gapapalah, mumpung bapak2 (eh mas2) disini banyak good looking 😀

Siangnya ke kantor Pak E dan disuruh recover password firewall Cisco PIX 501. Bingung, tapi bapaknya baik, mau menjelaskan dengan sabar (dan kerjaan beliau pun jadi ga beres). Sorenya, diajak ke happy hour computer barunya Chevron (jadi di chevron itu, semua PCnya seragam, sekarang baru ganti sama GIL 3 yang OSnya Vista dan bikin Pak E bingung karena g ada hyperterminalnya). Disini cuma nonton orang2 dari Microsoft, nonton ank2 ngeband, dan makan (lagi).

Hari kelima (Sabtu), kami baru pertama kali nyoba breakfast disini. Dan ternyata jauh lebih enak disbanding lunch/dinner. All u can eat, bung! Makanannya nasi goreng, kwetiau/mie biasa, sosis, ayam goring, telor, kentang goreng, roti bakar, orange juice, kopi dan teh. Wkwk.. [best part KP di Chevron sejauh ini adalah MAKANANnya J]

Dan, hari Senin kemaren, akhirnya kita berdua dengan jagonya berhasil recover pass si firewall itu dan langsung dipuji-puji si Bapak2 IT Tower (padahal, kerjanya ga pake mikir, udh ada langkahnya ;)) Jgn bilang2 lho). Alhasil, gara2 itu, besoknya kita berdua boleh masuk kantor siang-siang (gara2 itu, apa gara2 kita bikin kerjaan Pak E ga kelar2 ya? makanya diusir secara halus). Doakan hari ini, saya tetap sabar menghadapi Ai yaaa… Amin..