Cerita KaPe-nya Joice part-1

Dari jakarta, saya berangkat ke TKP (Tempat Kerja Praktek) pada hari rabu, 3 Juni 2009. Rombongan menggunakan Pesawat AirFast yang berada di bawah naungan privatisasi PT AVCO. FYI, privatisasi adalah bagian dari Freeport yang diswastakan. Makanannya enak, minumannya juga enak. Juice jeruk n apelnya enak dah. Penerbangan memakan waktu sekitar 6 jam. Pesawatnya sangat tepat waktu berbeda dengan maskapai penerbangan *e*p***. Namun kami sempat mengalami delay di Makassar akibat menunggu seorang penumpang yang belum kunjung naik pesawat. Entah apa yang dia perbuat. Setelah tiba di Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika, kami berangkat menuju mil 68 (Tembagapura) di Highland. Jalan benar2 kabut. I just believed in God!!

Esoknya, hari Kamis kami menandatangani assignment. Karena masih ada waktu luang, kami berjalan2 di sekitar mil 68. Melihat2 fasilitas yang ada. hohohooho. Lalu kami berjalan2 ke mil 66, Hidden valley dan Rainbow. Hari Jumatnya, kami melakukan medical check up. Check up dimulai jam 7 dan selesai sekitar jam 10 atau 11 gitu. Selanjutnya kami makan bersama di rumah salah satu teman kami dari ITB yang juga kp di sini. FYI, bapaknya adalah salah satu manager di sini. Kemudian beberapa teman saya memutuskan untuk bermain badminton di Sport hall Hidden Valley. Namun saya memutuskan untuk berenang di Rainbow. Kebayang gimana renang di daerah yang super dingin ini?hohohooho. Don’t worry, karena air kolamnya air hangat. Hari Sabtu dan Minggu kami off. Paginya saya dan teman saya menikmati fasilitas fitnes center gratis lalu pergi ke Library. Librarynya banyak novel lho…. senangnya… ^^.

Hari senin, sesuai dengan aturan di sini kami mengikuti General Safety Induction. Esoknya, hari Selasa kami mengikuti Safety Induction di Grasberg karena jobsite kami di sana. Grasberg is very cold…. >.< 

Oh ia, daerah kontrak kerja Freeport itu ada dua Lowland dan Highland. Lowland meliputi Kuala Kencana, BaseCamp (deket Airport), Portsite (pelabuhan), mil 38 dan mil 50. Sedangkan Higland meliputi mil 68 (Tembagapura), mil 66 (Hidden Valley dan rainbow), mil 72 (Ridge Camp), mil 74, Underground dan Grasberg.

Di highland ini, angkutan umumnya Bis. Gratis pulak n gak boleh ada penumpang yang berdiri. Kalo gak muat, ya nunggu bis berikutnya. Males nunggu? jalan aja toh gak jauh2 amat n sekalian olahraga apalagi didukung cuaca yang sangat dingin.

Hidden Valley adalah perumahan yang dimiliki oleh orang staf yang berkeluarga. Satu gedung besar, 3 lantai yang dibagi menjadi 6 rumah. Kalau Rainbow, ada kolam renang, ada perumahan dan barak (tempat tinggal staf dan nonstaf yang tidak membawa keluarga). Mill 68 (Tembagapura) seperti kota kecil. Ada perumahan, shared house, barak, messhall (aula makan), sport center, mesjid, gereja, library, shopping center, warung pojok, meeting room dan restoran. Kalau Ridge Camp terdiri dari barak pria saja. Mil 74, underground  dan Grasberg hanya daerah kerja dan tidak ada barak. Grasberg? very cold. Waktu tanggal 1 April 2009, salju turun di Grasberg. Sayang saya belum kape di sini…

saya belum mengunjungi Lowland. Hopefully, dalam waktu ini saya bisa mengunjungi dan bercerita tentang lowland kepada kalian.

Tunggu cerita2 saya selanjutnya ya…😉