dari thamrin untuk semua…

Bismillahirahmanirahim..

semoga pas nulis ga keburu bosen terus berenti ditengah jalan kaya kmaren2

Ya, apa kabar kawan2? baik ya? alhamdulillah..

Aku ikutan cerita KP ya..KP aku di lintasarta thamrin, barengan sama yanuar aditya. Tapi kita beda divisi. Dia di pengembangan infrastruktur, aku di pengembangan bisnis (aduh..hidup aku ga jauh-jauh dari BU ya T.T). Kita mulai hari tanggal 9 Juni sampai mm…kapan ya? aku lupa.. Oia, perlu diketahui di divisi itu yang kape cuma 2 orang, aku sama satu anak tarki..tapiiii…dia kapenya jadi sekretaris jadi y tetep aja kerjaannya sendiri-sendiri. Pas dateng pertama-tama aku pikir dia karyawan disitu abisnya udah akrab banget sama orang2 disitu, ternyata dia emang udah kape 2 bulan sekarang bulan ketiga jadi yaaa begitulah. Dan emang karyawan disitu pada baik2 ko..sering nyapain aku, trus nanya2..kebanyakan siih nanyain laptop aku yang kecil, lucu, dan imut itu..(yesss..)

Nah, hari pertama, sampe jam makan siang yang aku lakukan cuma duduk sama internetan..okee,,sabar angggita, kita kasih deadline sampe abis makan siang bapa pembimbingnya ngasih topik ke kamu. Untungnya abis makan siang si bapa pembimbing aku yang bernama Pak Iwan yakni lulusan Telkom UGM ntah tahun berapa itu manggil aku ke ruang miting dan beliau memberi aku topik (horeeee…dia ga lupa punya anak KP).

Topik yang dikasih ke aku itu tentang Squid Proxy dan WCCP.. jadi beliau nyuruh aku menganalisis perbedaan utilitas server kalo kita pake proxy sama kalo ga pake proxy. Hmm…kurang paham sebenernya..tapi dengan segenap kemampuan yang ada dan semangat yang menggelora aku mulailah membrowsing-browsing sang topik..dan yaaahh,,cukup memuaskan hasil hari itu. Tapi harusnya aku udah install linux hari itu, sayangnya karena laptop aku yang terlalu imut dan tidak ada dvd drivenya, sang pembimbing kesulitan menginstallkan. Jadi dia bilang, ya udah besok aja ya nggi (aku di panggil anggi loh disini ^^) saya bongkar komputer dulu (nah loh??!). Y udah deh, aku pulang aja..

Oia untuk membuktikan bahwa karyawan disini baik2, aku mau kasih tau..dihari pertama itu aku ditraktir bakmi GM looohhh..sama salah satu karyawan yang kontraknya diperpanjang, namanya Mba Icha TI ITB ntah angkatan berapa.

Hari kedua, tiba-tiba Pa Iwan manggil ke ruang miting lagi

Pa Iwan (PI) : Nnggi, topik kamu diganti aja ya..ribet kayanya yang itu..mm..jadi Internet sharing aja, bandwidth management, nanti saya kasih tools yang namanya packeteer

Aku (A) : Apa Pak??

PI : Packeteer

A : oooohhh…(apaan tuh ??)

PI : ya, jadi lintasarta kan kgioherjbvbe (aku ga denger beliau ngomong apa). Kapasitasnya 10 M, kamu coba cari settingan yang bikin semua client dapet bandwitdth nya merata..

A : hmm..(bingung mau komen apa)

PI : ya..gitu aja ya..ntar routernya saya kasih

A : oke Pak (bismillah..)

mulailah hari itu, aku mambrowsing lagi tentang apa itu packeteer dan dasar teori dari bandwidth management..tapi tenytata tak semudah membalikan telapak tangan. Aku buta sama sekali..T.T

Singkat cerita, tools sudah terpasang dan aku harus mengontrolnya lewat browser. (hmm..pengen aku liatin printscreennya tapi di laptop..nyusul deh, biar kalo ada yang merasa familiar bisa membantu aku)

Setelah semua terpasang dan aku tinggal setting2..aku tetep ga tau mesti ngapain..cuma ngelakuin yang bapanya bilang tanpa tau apa itu traffic class, partition, policy, dll. Akhirnya aku bilang sama pembimbing aku

A : Pak, saya agak bingung ni pak..saya baca manualnya dulu ya (berharap bapanya bakal langsung tergerak untuk menjelaskan)

PI : oh, ya udah baca aja dulu (aarrrgghhh…)

Akhirnya sampai saat ini aku masih berkutat dengan manual walaupun sudah ada sedikit gambaran. Tapi masih bingung dengan semua komponen2 yang ada dan yang harus dibikin.. Ayo dong kawan-kawan..ada yang bisa bantuin aku ga? kasih kursus singkat tetang Packeteer?? bombom mungkin (langsung sebut merk)

Oia, lagi2 untuk membuktikan karyawan disini baik2, aku mau ngasih tau lagi..Hari ini aku ditraktir makan siang di pizza hut loohh..menu sesukanya (beef black papper fetucini…yummy!!)..soalnya salah satu managernya ada yang ulang tahu..sama kaya shndi ulang taunnya..selamat ulang taun shndiii…

Yah sekian cerita kape aku, tapi sebelum diakhiri aku mau cerita sebuah pengalaman pahit tentang kejamnya ibukota.

Jadi, H-1 aku masuk KP, pulang wawancara, aku buta jalan sama sekali. Aku ke sana dianter ayah, tp pulangnya disuruh sndiri. Nah aku tadinya mau ke lebak bulus ni, kerumah sodaraku, bertanyalah aku sama mas2 ojeg.

A : Kalo ke lebak bulus naik apa ya pa?

Mas-mas Ojeg (MMO) : oh,,nyebrang aja, nanti ada ko yang ke lebab bulus

A : ooh,, makasih ya mas

nyebranglah aku, duduk di halte bersama seorang ibu2 dan seorang mas2.

7 menit

ibu2nya naik bis

15 menit

mulai hilang kesabaran..

nanya mas2 ah

A : mas..mas..kalo ke lebak bulus naik apa ya?

Mas-mas (MM) : hiewyhgt93487yt (aku ga tau dia ngomong apa)

A : he? apa mas..

lalu si mas2 itu menjelaskan aku harus naik yang kemana tapi aku sama sekali ga tau daerah2 yang dia omongin itu

A : mm..kata sodara saya naik yang ke ciputat mas. Yang mana sih bis nya..

MM : ngga, naik.. (kembali menyebutkan daerah-daerah yang tidak aku kenal)

A : hmm..emang naik yang ke ciputat aja ga bisa ya? ya udah deh kalo lewat bisnya kasih tau ya mas..

disaat aku menunggu jawab iya darinya, tiba-tiba ia berlari mengejar sebuah bis, dan naik…

hmmpphh… ya Allah ya Tuhanku berikan ia keselamatan sampei ke tujuan!!

Sekilas melihat kearah bis, ntah mengapa aku membayangkan dirinya sedang memandang dengan penuh iba pada seorang wanita yang duduk sendirian di pinggir jalan, tidak tahu harus kemana..

gpp mas… saya ikhlas ko

yah begitulah..

terimakasih telah membaca..

terakhir (terakhir banget niii….)

tadi abis nonton oprah, dia nampilin seseorang namanya Andrew Johnston, peserta Britain’s got talent..

bagus aku bilang.. diintip deh sebentar..