KP @ PT V*CO Indonesia

Langsung dimulai sajah….
Kerja praktek gw di perusahaan ini memang agak ribet… dari lokasi perusahaan nya yang emang kagak strategis -_-! pergi kena 3 in 1 pulang kena 3 in 1 plus bonus macet yang ARRGGH….. sehingga gw putuskan untuk naeq motor aja…

Before 1st day :
Hari ini gw cuma disuru datenk bwat sign kontrak aja, berhubung gw kurang taw daerah sono (Jendral Sudirman, Gatot Subroto &skitarnya) gw sempet nyasar2 mulu, nanya orang2 sekitar sono juga tidak membantu, tepatnya gw mencari gedung wisma mulia, berhubung gedung yang logonya mulia ada 3 biji, gw muter2 gak karu2an (polisi sana juga bego juga, tawnya duid doank, ngasi taw kaga becus -_-!) setelah nanya satu persatu orang yang lagi di pinggir jalan nyampe juga ke wisma mulia, bis itu langsung cabut pulang, tapi mampir dulu ke plangi😛

1st day:
Hari pertama yang menegangkan, karena gw gape ama daerah sono, seperti yang telah gw jelaskan sebelumnya :p…
tapi akhirnya sampai juga dengan selamat dan TIDAK TERLAMBAT (masuk jam 7 pulang jam 4 T_T)
tempat KP gw tepatnya berada di lantai 48 dan 49 di gedung tersebut… untuk ke lantai 48 aja kaga bisa sembarangan, mesti pake RFID card(lift card) khusus untuk kelantai tersebut dan gw harus ninggalin ktp bwat dapetin badge visitor yang kaga ada rfidnya, akhirnya gw naeq dibantu ama security perusahaan KP gw… Setelah sampe diatas gw disuru tunggu oleh operator di depan bwat di panggil ama orang apprentice dari PT V*CO, bis itu gw lgs ketemu ama supervisor dan dicariin tempat bwat melakukan research :D… wkwkwk….
Akhirnya gw dapet tempat di Helpdesk Room yang kebetulan ada meja kosong, ada karyawan yang cantik juga tentunya😛 ditunggu lah potonya…

gw disuru tunggu bentar, soalnya pembimbing gw blom datenk… pas dia datenk gw diajak jalan2 di kantor, oh iya gw disini ditempatin di ICT Department yang ada banyak subdivisi seperti Datacenter( network & infrastructure), Helpdesk, System Application, dll (lupa gw :p) tempat yang paling lama di kunjungin adalah datacentrenya yang ada 2 lantai di lt 48 dan 49 (dingin mampus tuh datacentre), FYI u/ keluar masuk pintu terutama yang langsung keluar dari kantor (termasuk ke wc) kudu juga make office access card yang berupa RFID badge.. dihari pertama gw juga sial T.T kunci motor ketinggalan di motor gara2 kesiangan trus buru2 hehehe, untung sistem keamanan tinggi jadi…🙂
di datacentre ada banyak server2 dan hampir semuanya pake mikocok punya + solaris kecuali router cisco😛 dari sini tugas pertama gw dimulai… disuru remapping datacentre (kerja kuli -_-!) yakni ngedata ulang sistem2 yang ada + penempatan rack servernya juga trus sama bikin cabling system di switch + router(pembimbing nya asal ngomong aja nih, dodol) dikira kabel cuma sebiji dua biji… gw juga dijelasin tentang sistem ip telephony di sini yakni integrasi dengan sistem PABX + GSM, jadi klo nelpon extension doank dari iptelphony sana ntar nymbungnya ke HP yang padahal pake nomer XL.

abis itu gw disuru baca2 tentang buku Health Safety & Environment juga soale bsok ada briefing tentang itu…
itu aja hari pertama…

2nd day:
Hari ini gw juga sial -_-, ban motor gw kempes tengah jalan… akirnya telat gw sampe kantor… untung telatnya bentar😛
hari kedua ini gw di briefing sama pembimbing gw tentang PT V*CO dan ICT Department in depth dan juga bahas tentang topik apa yang bakal gw kerjain disini (gw disuru nyari dan mutusin sendiri + bikin proposal pula) dihari kedua ini gw juga baru dapet komputer bwat kerja (kaga dapet internet -_-! PELIT!! tapi masi bisa gw akalin sih😀 ssstt… ketauan gw bisa kene UU ITE hehehe) abis itu gw juga di briefing tentang HSE yang uda disuru baca2 kmaren sama bagian HSE, yah biasa lah perusahaan oil & gas emang concern ama bagian beginian, dihari kedua ini gw selsein jga kerjaan gw tentang mapping datacentre bwat besok dilaporin ke pembimbing.
(btw kerjaan gw perasaan kek kerjaan anak telkom yah -_-!)

dari sini gw uda rada kebayang kira2 topik apa yang bakal gw ambil, yakni antara PABX IPTelephony + GSM Integration, Disater Recovery plan u/ Datacentre, ato gak Enterprise Network Monitoring System…

3rd day:
Hari ini ke kantor gak ada masalah berarti😛 (uda gape skarang ama daerah sono :P) cuma hari ini gw uda dapet badge RFID, jadi skerang kaga repot kalo maw ke WC hehehe, trus hari ini gw cuma ngumpulin proposal gw, + ngasi tugas gw, trus minta akses ke portal ICT bwat ngeruk inpo2😀 (yang katanya GAK BOLEH DISEBAR2 :p), + minta akses internet resmi (walopun bisa curi2 sih dengan teknik tertentu bwahaha) yang dari kmaren gw minta tapi akhirnya DITOLAK TERUS.. jadi pengen cabut gw kp disini -_-!

alhasil hari ini gw cuma baca2 portal ICT department yang isinya inpo2 tentang topologi sistem network mereka, security audit, disaster recovery plan mereka (taw gak yang menang tender u/ plan ini siapa…?? LPPM ITb, project managernya pa Dim😛 gw baca2 slidenya yang tulisannya VERY CONFIDENTIAL :p)
karena ngantuk gw tidur aja di meja kerja gw :p (bangkunya enak sih bisa bwat tiduran :p)
bangun2 gw langsung pulang… lanjutin tidur lagi…

hehe sori masi berantakan…. pic menyusul :p..
bis kaga boleh poto2 disono… ntar gw kena kartu STOP lagi disono…