KP di Operator Telekomunikasi

Postingan saya yang pertama di blog ini …

Langsung aja,, saya kerja praktek di salah satu perusahaan operator telekomunikasi di Indonesia. Kantornya terletak di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Ditempatkan di salah satu divisi yang berhubungan dengan operation and maintenance . Mungkin teman-teman yang pernah ngambil ektek sering mendengar istilah ini.

Sesuai dengan namanya, kami bertugas untuk memelihara aset-aset operator tersebut, terutama BTS-nya. Pekerjaan yang biasa dilakukan misalnya troubleshooting, pengawas lapangan, dan sebagainya.

Hari ke-1

Kumpul dulu di kantor pusat yang terletak di dekat Monas. Sepertinya pernah ada yang cerita di blog ini…

Hari ke-2

Ke kantor pusat dulu untuk urusan administrasi. Selanjutnya, langsung menuju ke Kuningan, bersama biboy, benny, ama bang roy. Sampai di gedung, lapor ke satpam, serahkan nota dinas, menunggu untuk dipanggil, dipanggil kepala divisi, dipertemukan dengan mentor, penjelasan awal, dikasi oleh2 berupa laporan KP tahun lalu kepunyaan anak Teknik Industri UI dan berbagai dokumen lainnya. Jam 12 tiba,, waktunya beristirahat. Saya, Benny, dan Roy turun ke bawah mencari makan. Si Biboy sepertinya turun ke lapangan *ditunggu ceritanya Boy!*. Akhirnya, setelah diputuskan, kami makan di rumah makan padang. Selanjutnya, kami di kantor sampai waktu pulang tiba.

Hari ke-3

Hari ini, saya mulai turun ke lapangan. Pertama, saya ditemani beberapa staf operator tersebut pergi ke daerah Kelapa Dago Gading. Kami tiba di sebuah gedung, sepertinya tempat berbagai perusahaan. Saya bertanya2,, mana BTS-nya? Ternyata,, BTS-nya berada di atas gedung … Kami masuk gedung, serahkan surat pengantar ke petugas yang ada di sana, lalu naik ke atas gedung.

Yang unik, ternyata gedung tersebut tidak 100% dipakai oleh perusahaan. Ada rumah orang di lantai teratas. Untuk sampai ke tower, mau nggak mau,, kami harus melewati rumah tersebut… Jadilah kami masuk ke ruang keluarga *ada anak2 lagi nonton TV*, masuk ke dapur di mana tersedia berbagai hidangan lezat, naik ke atas lagi lewat tangga di dapur, sampai ke tempat jemuran baju… Dari jemuran, jalan aja sedikit, sampailah kami di BTS yang terletak di samping akuarium yang berisi kura-kura.

Setelah selesai, kami menuju ke suatu daerah di Bekasi. Sebelum tiba, kami makan di rumah makan padang. Ternyata, permasalahan di Bekasi ini cukup rumit, sehingga memaksa kami untuk pergi ke daerah lain, masih di Bekasi, mengikuti jalur komunikasinya. Akhirnya, permasalahan selesai sekitar pukul 18.00 WIB dan kami ke masjid terdekat untuk menunaikan ibadan Solat Magrib. Ternyata,, masjid tersebut belum memiliki penerangan yang memadai di tempat wudhu dan WC-nya…*padahal masih di deket Jakarta lho!*

Matahari telah terbenam,, namun perjalanan tetap berlanjut. Dari Bekasi, kami menuju ke daerah Senen Selasa Rabu Kamis … , di daerah padat penduduk. Urusan di Senen kira2 selesai sekitar pukul 20.00 WIB. Selesailah KP hari ke-3. Hari yang cukup melelahkan memang, namun banyak pengalaman yang didapat.

Sekian dulu ya,, nanti cerita-cerita lagi kalo ada kesempatan …