KP day 1: Lintas Jakarta

hm, pertama2, mo minta maap dulu ke om putat, coz harusnya mosting tiap hari, tapi karena ternyata tempat KP kami [saya, qoshda ama yudha] adalah tempat menempa lelaki sejati, jadinya ga bisa mosting di hari pertama.. [udah gitu modemnya Qoshda ga cocok ama laptopnya Yudha] jadi kepaksa mosting cerita day 1 di hari kedua *setelah muter2 en akhirnya nemu warnet

dan perjalanan KP dimulai:
berhubung kami bertiga KP di PLN bagian Litbang, yang memiliki dua laboraturium yang bekerja secara seri, jadinya KP kami pun berlangsung di dua lab tersebut. Nah, berhubung di surat konfirmasi yang kami terima disebutkan kalo KP-nya di daerah Kosambi [JakBar] maka bos Yudha membantu mencarikan kos2an di daerah sana, dan luar biasa ternyata cepet banget udah dapet lagi..

nah, sialnya, ternyata si KP yang di dua lab ini [walopun lebih banyak di lab di kosambi] ternyata dimulai bukan dari kosambi, tapi dari Duren Tiga [JakSel] walhasil, hari senin pagi kami harus laporan ke Duren Tiga dulu. dan karena dari kosambi ke duren tiga cukup jauh, akhirnya kami bertiga semalem di rumah Yudha dulu [bekasi barat] dan pagi2 berangkat dari sana

dari bekasi ke duren tiga, berangkat jam 6.30, dan seperti biasa jakarta pagi2, macet bos! setelah dua jam perjalanan, akhirnya sampe juga ke Duren Tiga, lab pusat litbang PLN *@bokapnya yudha: maaf om, jadi telat ke kantor..
kesan pertama yang saya tangkep begitu sampai di duren tiga:suram? gimana ngga, sambutan pertama yang dilihat tuh ini:

tegangan tinggi

ngeri ga situ?


nah, duren tiga ini lab khusus tegangan tinggi, biasanya dipake buat ujicoba impulse [bahasa normalnya:petir] baik itu yg kecil2an, cuma 750 kV, sampe yang mantap.. 2000 kV. di sini, umumnya yang dicoba tuh berbagai alat2 yang mungkin disamber petir [ditaroh di luar ruangan] kaya trafo, isolasi, de el el
oiya, berhubung alat2 yg diuji di litbang umumnya masih prototype [blm dilepas ke pasaran], jadi kata pa Haryo [pembimbing] kalo mo publish laporan, merknya harus disensor, kaya gini nih..

Image009

impulse generator alias pembuat petir..

sensor merek.. wakakaka

sensor merek.. wakakaka

setelah ber”halo-halo” sebentar muterin lab duren tiga, kami dikasihtahu kalo lagi ada ujicoba ketahanan kabel. nah, sebenernya ujicoba ketahanan kabel ini enak banget buat jadi topik KP, kenapa? karena lamanya ujicoba tuh sebulan. alias KPnya jadi magabut kalo ngambil topik ini *ga ngapa2in, cman nunggu hasilnya doang

Image003

kalo diliat langsung, kedengeran bunyi bzzzzt,, gara2 ada korona

setelah cukup puas muter2 duren tiga, kami bertiga berangkat ke lab kosambi [dan menuju tempat kos..] naik mobil dinas PLN dan ditemani lagu dangdut sepanjang perjalanan.. yeha.. *ternyata kalo ga macet dari duren tiga ke kosambi cman 40 menit saja..

akhirnya sampelah kita di lab kosambi, lab tersuram yang pernah saya liat [wew] kenapa suram? karena lab ini, adalah satu2nya gedung di atas tanah seluas 5ha, dan bangunan terdekatnya adalah gardu induk *bertegangan tinggi~yg bahkan ngangkat tangan ke atas pun ga boleh [yeah, 150kV, here I come..] selain itu, lab PLN ini sepiiiiiiiiiii banget. total orang yang dateng ke sini bisa diitung pake jari deh..

nah, di lab ini kebetulan hari ini lagi ada uji hubungsingkat buat LBS, jadinya kami ikut bantu2 *walo banyakan ngeliatin doang sih.. tau ga? ternyata buat ujicoba hubungsingkat ini, makan persiapan berjam2 *ngangkutin dan masang alat ratusan kilo, padahal ujicobanya cuma berlangsung selama 1 detik!!

alat sial yg dipasangnya empat jam, diujinya satu detik..

alat sial yg dipasangnya empat jam, diujinya satu detik..

yah, karena ini KP hari pertama, kami lebih banyak liat2 dan muter2, tapi lumayan lah, ngeliat Disconnecting Switch diclose dan menyaksikan busur listrik 150 kV,, kapan lagi coba?

oiya, dalam waktu dekat bakalan ada maintenance, jadi kami2 bisa naik manjat trafo 150 kV.. ada yang berani ikut?