Updates from June, 2009 Toggle Comment Threads | Keyboard Shortcuts

  • Ashr 22:14 on June 17, 2009 Permalink | Reply  

    KP day 2: 2000 kali + hunt for inet.. 

    lagi2, mostingnya telat sehari,, baru bisa mosting tentang KP day-2, alias kemarin.. T_T

    jadi gini, jadwal KP saya defaultnya mulai jam 8.30 sampe jam 4 sore, alias seharina.. makanya belum sempet ngubek2 daerah sekitar kos2an [saya yakinj Yudha ama Qoshda blm ngubek2 sama sekali..] jadinya akses inet masih agak tersendat2.. *modemnya Qoshda masih ga kompatibel ama laptop YUdha

    tapi karena saya adalah inet freak..jadinya tetep nyari2 akses inet sambil di angkot..selama perjalanan nengok kiri-kanan nyari warnet..
    pas pulang hari pertama, nemu warnet yg pas di ganti angkot,, lumayan lah. bisa ngenet sekalian pulang.. *tapi jauh..
    nah, pas pulang hari ke-2, nemu warnet yg lumayan deket ama kosan. *kaya dari gerbang depan ke comlabs, tempat saya buat ngepost tulisan ini dan tulisan kemarin.. dan aksesnya lumayan cepet dan murah.. [2000/jam, wew]

    jadinya berhubung udah nemu warnet, udah bisa posting.. ๐Ÿ˜€

    masuk ke cerita KP: kemarin saya cerita LBS yang dipasangnya makan waktu 4 jam, dan diujinya cuma satu detik.. nah ternyata si LBS ini masih belum puas nyusahin orang.. berhubung si LBS ini cara kerjanya manual a.k.a diputer sama orang, jadinya si empunya LBS pengen sekalian nguji ketahanannya..

    caranya? gampang.. diputer deh tuh manual switchnya [kaya muter pompa air manual] tapi jumlahnya itu, ga nahan.. 2000 kali.. wew
    tapi yg ngujicoba bukan orang2 PLN,, tapi dari si empunya LBS, jadi kami2 dari PLN cman bantu nyiapin alat ukurnya doang.. *tapi saya bantu loh, muterin 50 kali,, lumayan..
    tapi ampe pulang *dan ampe dibongkar* ternyata cuma diputer 1011 kali,, keburu pegel kali ye?

    selesai ujicoba LBS, kami2 bertiga ke ruangan sebelahnya, buat verifikasi trafo.. jadi ada trafo baru yg tugas kita2 tuh buat ngeBONGKAR isi trafonya.. berhubung berat, jadi si isi trafo diangkat pake slag, baru dicatet data2nya cocok apa ngga.. *kecil sih, cuman trafo 50 kVA.. paling 250-400 kilo beratnya.. baru deh habis ini pulang..

    *pagi2nya saya nyari jalan pintas buat ke lab PLN, coz kalo ga nemu, harus naik angkot dua kali gara2 muter jauh.. kayanya sih ada jalan, tapi nyusurin gardu induk.. serem >_< tapi harus dicoba nih.. ๐Ÿ˜€

    next: KP day 3: di atas trafo 150kV dan menjebol pagar gardu induk

    Advertisements
     
  • ypratomo 20:10 on June 17, 2009 Permalink | Reply  

    KP Part 1 : Halo-Halo di PLN LITBANG 

    Intro

    Hari ini senin 15 Juni 2009, kami bertiga (Yudha, Ashr, dan Qoshda) memulai hari-hari KP dengan mendatangi Kantor PLN LITBANG di Duren Tiga Jakarta Selatan.

    Pukul 6 pagi kami baru bangun dari tidur lelap selama 8 jam di kamar sebuah rumah di bekasi. Dengan sedikit tergesa-gesa tiap orang mandi bergantian supaya segar dan dapag menjalani hari ini dengan penuh semangat. Pukul 7 tepat setelah sarapan pagi kami berangkat dari bekasi, what the…??? Jam 7..??? cari mati emang,hahaha… Bagi mereka yang mengenal jakarta dan seluk beluknya tentu jam 7 baru jalan untuk menuju jakarta memang bukan suatu keputusan yang tepat, alhasil dengan menempuh jalan tol dan melewati 7 lampu merah kami berhasil sampai di kantor PLN LITBANG Duren Tiga Jakarta Selatan pukul 8.30 Waktu Indonesia Bagian Bandung (karena jamnya belum disesuaikan dengan waktu jakarta yang beda sedikit dengan bandung,hehehehe…..

    โ€œSekarang lagi ada pengujian Panel dibawah, ikut aja dulu sekarangโ€

    Sesampainya di Duren Tiga saya langsung menelpon bapak pembimbing KP yaitu bapak Satya, pembimbingnya Fela yang tahun lalu, kami pun langsung naik ke ruangannya dan langsung disambut dengan ciri khas pegawai negeri yaitu segelas kopi hitam diatas meja, laptop (maklum manager, kalo dulu mah komputer jadul), lalu yang tidak kalah penting dan memang ciri khas utama adalah rokok yang di jepit diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan pak bos. Perkenalan mengawali perbincangan kami dengan pak satya dan terus berlanjut perkenalan dengan anak buah pak bos yang mereka semua masih teringat dengan saudara Fela Rizky yang tahun lalu KP disini. Buat Fela : fel, emang lo KP ngapain aja sih…???, kok terkenal banget lo…hahahaha…

    (More …)

     
    • Yudha Pratomo 20:14 on June 17, 2009 Permalink

      mohon maap kalo repost….
      btw buru2 euy jadi rada2 ga rapih dan ga pake more….
      thx

    • masaryaguna 09:25 on June 18, 2009 Permalink

      yud, kok ga ada foto2 kalian ber3 disitu? ๐Ÿ˜€ biar keliatan original ๐Ÿ™‚

    • bungawijayanti 10:52 on June 18, 2009 Permalink

      keyeeeen:D

    • bintang 15:23 on June 18, 2009 Permalink

      mo dikasi morenya ama admin ato ama lu aja yud? oiye btw bandung jakarta tu beda 3 menit ๐Ÿ˜€

    • Aswin 07:41 on June 23, 2009 Permalink

      Halo2..
      Yud, fotoin busur api pas buka switch..

    • Ayu 10:40 on April 26, 2013 Permalink

      mas Yudha boleh minta contact person org PLN Litbang?

    • kikipst 17:37 on March 1, 2016 Permalink

      jalan jalan mulu nih yang nulis blog.. sip lanjutkan. ๐Ÿ˜€

  • Valencia 15:16 on June 17, 2009 Permalink | Reply  

    Hari2 pertama KP di LG…Life’s (not) Good 

    Hai temans…maap yah blm nulis2 dr kmrn…ni hr ke3 saya kape…Sebenernya sih mo nulis dr hr pertama, tapi berhubung cape dan internetnya lama bet, saya lgs tertidur dgn suksesnya. Hehehe…

    Pertama-tama, saya mo mengenalkan perusahaan tempat saya KP. Namanya LG Electronic Indonesia. Letaknya di Legok, sekitar 14 km dari BSD (Bumi Serpong Damai). Hanya 30-40 menit perjalanan, soalnya jalannnya ancur pisan. Kawasan ini kawasan industri yang menyatu dengan kampung-kampung. Jadi jalannya kecil, cuma 2 jalur untuk 2 arah. Karena banyak pabrik di kawasan ini, jalan pun dipenuhi truk-truk besar. Malah ada container2 besar yang parkir seenak jidat di pinggir jalan. Jadilah perjalanan selalu terhambat. Kalo ga sih, 20 menit jg cukup.

    Perusahaan ini disiplin abis, bueda jauh sm suasana kampus. Peraturan dan target (goal perusahaan) ditulis di mana-mana dan tulisannya buesar2. Suasana kantornya pun suram, semua org sibuk sendiri2 sama kerjaan dan komputernya. Bahkan ga ada yang dengerin lagu. Ga kebayang dh ntar kalo ud lulus n kerja disini, bisa jadi robot saya. Oia, saya disini di departemen produksi, departemen yang membawahi semua yang berhubungan dengan produksi, misalnya maintenance dan quality control.

    Di pabrik ini, LG memproduksi kulkas. Untuk TV dan peralatan audio, ada pabriknya sendiri di Cibitung. Duh, 3hari disini aja udah bosan melihat kulkas, apalagi 2 bln. Ckckck…

    Di pabrik ini, ga semua komponen kulkas dibuat sendiri, misalnya kompresor. Kompresor dibeli dari LG China. Dinding-dinding kulkas sampai di pabrik sudah berupa lembaran-lembaran plat yang tinggal dipotong, dilipet ato dibolong2in.Plastik yang merupakan dinding dalam kulkas juga berupa lembaran2 yang dicetak dan dipotong di sini. Kulkas yang kita punya di rumah, cuma sepersekian ukurannya dari mesin2 yang ada di sini. Mesin untuk memotong aja rumit dan panjang. Apalagi yang digunakan untuk mencetak plastik, besarnya sama kayak kamar kos. Seram jg nya…

    Tapi perusahaan juga mementingkan safety. Setiap karyawan diberikan alat-alat keselamatan seperti sepatu bot, sarung tangan dan masker. Selain itu, ada klinik juga.

    Di pabrik ini ada 2 bagian pabrik. Yang pertama, R1, tempat produksi kulkas2 berukuran kecil 1 pintu dan 2 pintu (kecil jg). Cuma, LG ga produksi yg minibar disini. Yg besar2, adanya di R2. Tempat saya skrg nulis teh adanya d R1. Lagi ngelesehan di R1, tempat org2 maintenance berkumpul. Sebenernya sih dikasi tempat di atas, di kantor, ada ACnya lagi, tapi enak disini, banyak yg bs dikerjakan dan dilihat. Org2nya jg baik2, friendly, murah senyum n mau ngajar2in. Yg di kantor suasananya lebih suram, spt yg sy sebutin di atas. Kalo di lapangan (pabriknya), org2nya lbh santai. Mungkin karena ga diplototin bos kali ya. Hehehe. Di sini suasana berubah kalo ada yg rusak, apalg mesin2 yg plg utama, wah smua org maintenance pd panik smua.

    Mesin2 di sini dipasangkan alarm smua, yang kalo rusak alarmnya bunyi, meski rusaknya ga fatal pun alarm ttp akan bunyi. Ada 3 jenis lagu alarm, london bridge, fur elise, sama 1 lg yg saya ga tau judulnya. Alarm ini akan terus berbunyi sampai mesin selesai dibetulkan. Kebayang ga KP smbl dengerin lagu2 itu aja. Mana bunyinya monophonic ringtone. Ampun dh…Tapi ini jg yg membedakan dgn suasana d kantor. Dgn adanya alarm2 ini, saya jd ckp terhibur. Hehehe…

    Tiga hari ini berlalu cukup lancar. Hari pertama, saya bingung bgt mau ngapain. Akhirnya cuma muter2in seluruh pabrik sampe brp kali jg saya dah ga tau, sangking binunnya mau ngapain. Plg2 pegel bgt kaki. Fiuhhh..
    Hari kedua, diajarin PLC. Hore!!! Baik bgt org2 maintenance, mau repot2 nyediain PLC bwt kt coba2in. Plus kt jg diterangin cr ngeprogramnya. Trus kt jg diterangin mesin2 yg ada dsini. Yah lumayan jd ngerti lah cr kerja mesin2 di sini.
    Hari ketiga, saya bikin laporan. Tapi malah maen2 dr td. Ga niat ngerjainnya, akhirnya laporan d blog. Hehehe…Smoga bsk mr.rajin sdh datang kembali pd saya dh. Hehehe…

    Panjang ya crt saya..Maap ya, soalnya banyak yg mo dcritain. Laen kali disertakan foto dh, biar lebih nyata…^^ sekian dr para KPers d LG..

     
    • bintang 18:02 on June 17, 2009 Permalink

      hohoho.. ditunggu updateannya ๐Ÿ˜€

    • ndox 00:57 on June 18, 2009 Permalink

      Wow,, di legok.. deket rumah om.. tapi belum pernah tau LG dimana..

      Hmm.. jadi disitu belajar PLC ya.. yayayaya… *horamudeng*

    • mshiddiqsh 03:37 on June 18, 2009 Permalink

      hahaha,bodor alarmnya,ada” aja..
      btw,lupa,lu sama siapa aja di sana?!..

    • tutu1ng 12:43 on June 19, 2009 Permalink

      pengen PLC… di tempat KPku ga pake PLC T.T

c
Compose new post
j
Next post/Next comment
k
Previous post/Previous comment
r
Reply
e
Edit
o
Show/Hide comments
t
Go to top
l
Go to login
h
Show/Hide help
shift + esc
Cancel