Hari2 pertama KP di LG…Life’s (not) Good

Hai temans…maap yah blm nulis2 dr kmrn…ni hr ke3 saya kape…Sebenernya sih mo nulis dr hr pertama, tapi berhubung cape dan internetnya lama bet, saya lgs tertidur dgn suksesnya. Hehehe…

Pertama-tama, saya mo mengenalkan perusahaan tempat saya KP. Namanya LG Electronic Indonesia. Letaknya di Legok, sekitar 14 km dari BSD (Bumi Serpong Damai). Hanya 30-40 menit perjalanan, soalnya jalannnya ancur pisan. Kawasan ini kawasan industri yang menyatu dengan kampung-kampung. Jadi jalannya kecil, cuma 2 jalur untuk 2 arah. Karena banyak pabrik di kawasan ini, jalan pun dipenuhi truk-truk besar. Malah ada container2 besar yang parkir seenak jidat di pinggir jalan. Jadilah perjalanan selalu terhambat. Kalo ga sih, 20 menit jg cukup.

Perusahaan ini disiplin abis, bueda jauh sm suasana kampus. Peraturan dan target (goal perusahaan) ditulis di mana-mana dan tulisannya buesar2. Suasana kantornya pun suram, semua org sibuk sendiri2 sama kerjaan dan komputernya. Bahkan ga ada yang dengerin lagu. Ga kebayang dh ntar kalo ud lulus n kerja disini, bisa jadi robot saya. Oia, saya disini di departemen produksi, departemen yang membawahi semua yang berhubungan dengan produksi, misalnya maintenance dan quality control.

Di pabrik ini, LG memproduksi kulkas. Untuk TV dan peralatan audio, ada pabriknya sendiri di Cibitung. Duh, 3hari disini aja udah bosan melihat kulkas, apalagi 2 bln. Ckckck…

Di pabrik ini, ga semua komponen kulkas dibuat sendiri, misalnya kompresor. Kompresor dibeli dari LG China. Dinding-dinding kulkas sampai di pabrik sudah berupa lembaran-lembaran plat yang tinggal dipotong, dilipet ato dibolong2in.Plastik yang merupakan dinding dalam kulkas juga berupa lembaran2 yang dicetak dan dipotong di sini. Kulkas yang kita punya di rumah, cuma sepersekian ukurannya dari mesin2 yang ada di sini. Mesin untuk memotong aja rumit dan panjang. Apalagi yang digunakan untuk mencetak plastik, besarnya sama kayak kamar kos. Seram jg nya…

Tapi perusahaan juga mementingkan safety. Setiap karyawan diberikan alat-alat keselamatan seperti sepatu bot, sarung tangan dan masker. Selain itu, ada klinik juga.

Di pabrik ini ada 2 bagian pabrik. Yang pertama, R1, tempat produksi kulkas2 berukuran kecil 1 pintu dan 2 pintu (kecil jg). Cuma, LG ga produksi yg minibar disini. Yg besar2, adanya di R2. Tempat saya skrg nulis teh adanya d R1. Lagi ngelesehan di R1, tempat org2 maintenance berkumpul. Sebenernya sih dikasi tempat di atas, di kantor, ada ACnya lagi, tapi enak disini, banyak yg bs dikerjakan dan dilihat. Org2nya jg baik2, friendly, murah senyum n mau ngajar2in. Yg di kantor suasananya lebih suram, spt yg sy sebutin di atas. Kalo di lapangan (pabriknya), org2nya lbh santai. Mungkin karena ga diplototin bos kali ya. Hehehe. Di sini suasana berubah kalo ada yg rusak, apalg mesin2 yg plg utama, wah smua org maintenance pd panik smua.

Mesin2 di sini dipasangkan alarm smua, yang kalo rusak alarmnya bunyi, meski rusaknya ga fatal pun alarm ttp akan bunyi. Ada 3 jenis lagu alarm, london bridge, fur elise, sama 1 lg yg saya ga tau judulnya. Alarm ini akan terus berbunyi sampai mesin selesai dibetulkan. Kebayang ga KP smbl dengerin lagu2 itu aja. Mana bunyinya monophonic ringtone. Ampun dh…Tapi ini jg yg membedakan dgn suasana d kantor. Dgn adanya alarm2 ini, saya jd ckp terhibur. Hehehe…

Tiga hari ini berlalu cukup lancar. Hari pertama, saya bingung bgt mau ngapain. Akhirnya cuma muter2in seluruh pabrik sampe brp kali jg saya dah ga tau, sangking binunnya mau ngapain. Plg2 pegel bgt kaki. Fiuhhh..
Hari kedua, diajarin PLC. Hore!!! Baik bgt org2 maintenance, mau repot2 nyediain PLC bwt kt coba2in. Plus kt jg diterangin cr ngeprogramnya. Trus kt jg diterangin mesin2 yg ada dsini. Yah lumayan jd ngerti lah cr kerja mesin2 di sini.
Hari ketiga, saya bikin laporan. Tapi malah maen2 dr td. Ga niat ngerjainnya, akhirnya laporan d blog. Hehehe…Smoga bsk mr.rajin sdh datang kembali pd saya dh. Hehehe…

Panjang ya crt saya..Maap ya, soalnya banyak yg mo dcritain. Laen kali disertakan foto dh, biar lebih nyata…^^ sekian dr para KPers d LG..

Advertisements