DAM’s KP

Peringatan konten! Konten mungkin kepanjangan. Maka dari itu yang merasa lelah membaca prakatanya, bisa langsung jump ke bagian de H+1 sampai H+3. Selamat membaca… 😀

Hmmm…

Mau cerita apa ya? Jadi sebelumnya gini, gua mau minta maaf kepada para siapa pun karena ketertinggalan saya dalam melakukan perpostingan di sini, yang seharusnya perjanjiannya seminggu setelah tanggal 1 Juni, saya baru bisa posting tanggal 19 Juni, karena KP saya sendiri baru mulai tanggal 15 Juni. Sekali lagi saya mohon permaklumannya yang sebesar-besarnya~ T________T

de Prakata

OK, jadi gini~ Gua sejujurnya begitu tahu bahwa gua diterdaftarkan pada blog ini merasa sangat minder karena sejak tanggal 1 Juni semuanya sudah pada posting sedangkan saya belum mendapatkan tempat KP di mana pun pada tanggal tersebut. Namun karena mungkin sayanya yang selalu berbuat baik dan rajin beramal kebaikan, Tuhan pun akhirnya memberikan jawaban atas keminderan hati saya. Tertanggal kurang lebih mungkin sekitar tanggal 8-an Juni gua dapet konfirmasi bahwa gua terdaftarkan di PT DAM (Data Aksara Matra). Alhamdulillah…

Ef ye i, ada tiga orang yang di sini, Ageng Gua juga Ncep mendapatkan tempat ini. Ncep pada beberapa hari sebelumnya sudah cerita klo dia dapet di RSHS. Dan Ageng pun merasa bahwa dirinya harusnya lebih cocok dengan perusahaan telkom dan berencana mengundurkan dari DAM. Gua pun shock dan terdiam. It means gua bakalan di DAM sendirian dong? Whatever! Pokoknya gua harus segera nyari kosan dulu di jakarta baru mikirin pusing belakangan.

Thus, gua berbekalkan Hermanto and the gank sebagai juru tunjuk lokasi kos di jakarta akhirnya mendapatkan kost tepat di belakang kantor DAM-nya di staco daerahan tebet. Ho~ Senangnya… Jadi setidaknya gua dah dapet kepastian semingguan ke depan sampai tanggal 15 Juni bahwa gua tidak akan menggelandang di jakarta. Pulanglah gua ke bandung dengan hati tenang.

Tapi tahukah kamu apa yang terjadi? Eng-ing-eng… Ncep menghubungi saya bahwa dia merasa dikhianati bahwa dia tidak diberitahu klo dia juga diterima di DAM. Oh-oh-oh… Gua bertanya, “Lah? Kan loe dah di RSHS?” Ncep berkata, “RSHS bayar sih~ Mending DAM aja…” Wkwkwkwkw~ Akhirnya kehawatiran saya bahwa saya akan sendirian di DAM pun terbatalkan. Maka, berangkatlah kami ke jakarta pada H-2.

de H-2

Oya, pada Jum’at H-3 sebetulnya gua ama Ncep janjian pergi naek kretanya bareng. Tapi berhubung cucian belum kering, maka, jadilah gua menghubung Ncep bahwa gua mengundurkan hari keberangkatan menjadi H-2. Oya, Ncep berangkat bareng ama gua soalnya dia belum dapet kost dan gua tahu ada kost-kostan deket tempat gua. Dan akhirnya kita janjian berangkat jam 12 H-2.

Oya… Gua masih di ComLabs pas itu, jadi gua hubungi Ncep klo kita berangkatnya jam 3 H-2 aja.

mmm…

Pas itu, kurang lebih jam 1.4* H-2, gua masih di angkot mau ke toko buat beli kemeja dan masih terjebak kemacetan. Jadi gua sms si Ncep klo dia dah nyampe sta beliin gua tiket dulu. Dan gua sampe kost kurang lebih jam 2.3*.

mmm…

Oya, gua belum nata baju… Terus belum nyuci piring… Terus juga belum basa-basi ama si punya kost… Jadilah gua resmi berangkat dari kost jam 3.3*… Hoooo…. Sorry ya Ncep. 😀

Pas di angkot ketika gua pikir Ncep dah lama nunggu di sta, ternyata Ncep masih di rumah karena taksinya belum dateng. Wkwkwkw… Dan tibalah gua di sta jam 4.13 dan gua langsung dipanggil Ncep yang ternyata… dia dah datang duluan, dan juga ternyata… Argo Gede berangkatnya jam 4.15… Hyaaaahhh…. T____Telat lagi… ==’ Akhirnya naeklah kami parahyangan yang jam 5 sore.

Dan akhirnya kami sampai di jakarta jam setengah sembilanan deh. Dan sampe di lokasi gua janjiin dulu si Ncep nyariin kost. Malem-malem dong~! Wkwkwkw… Setelah dia dapet gua pun menghubungi si bapak kost gua sekarang. (Sebetulnya ada kejadian super dodol di bagian ini. Tapi berhubung gua takut ditangkap oleh UU ITE, gua memutuskan tidak menuliskannya di sini~ :p) Dan akhirnya gua pun sudah dapet tempat tidur dan langsunglah gua tidur saat itu…

de H-1

Satu komentar: jakarta panas……….

Komentar selanjutnya: pertama kalinya gua minum air berbotol-botol aqua sehari dengan berbagai varietas suhu………. jarak kost gua buat beli es podeng sekitar 2 kilo………. jarak kost gua ke atm sekitar 3 kilo………. ==’ (gua kangen bandung…)

de H

Masuk kantor hari pertama. Yang punya DAM namanya pak Adit, dia alumni ITB Telkom ’79. Orangnya super baek…! Dia pun memperkenalkan DAM dengan sangat menyenangkan dan, cukup membuat shock, karena tempatnya ternyata bukan di staco yang di tebet yang di jaksel…, tapi di bekasi… Mengapa di bekasi~? Oya, sebelumnya DAM ini punya produk yang sudah dapet paten (buatan dalam negeri loh~), dan salah satu produk yang menurut gua keren adalah vehicle tracking. Jadi bagi loe yang mobil atawa motornya dah dipasang ginian, terus kecurian, loe bisa liat posisinya via GPS real time. Dan belakangan gua baru tahu kepolisian sering pake jasa DAM buat nangkep maling-maling kurang ajar itu. Dan alat yang buatan anak negeri itu diproduksi di… bekasi…

Aaaaaaaaaaaa………..!!!!!!! T_______T

Padahal gua dah bayar sekitar 83% dari biaya kostnya ke si bapaknya… Haaaaaaaaaaa………. ==’

Dan pak Adit pun dengan sigap mengantarkan kami untuk liat-liat tempat produksinya di bekasi. Hooo… Dan setelah kurang lebih 1 jam perjalanan sampailah kami di bekasi, tepatnya di daerah kemang. Dan diperkenalkanlah kami dengan orang-orang di sana. Dan sekali lagi, gua bertemu dengan orang-orang yang menyenangkan dan baek hati di sini. 😀

Pulang dari bekasi, gua langsung segera menghubungi si bapak kostnya dan minta uang gua kembali karena nggak jadi. Walhasil, 50% dari total biaya kost doang yang hanya bisa dikembalikan. Ntah vava… Tapi nggak apa-apa deh. Bapaknya juga dah baek hati menyelamatkan gua dari insiden malam menggelandang yang tidak bisa saya sebut di sini. :p

de H+1 sampai H+3

Oya, di sini ada 2 kubu besar utama, yaitu software ama hardware. Kubu software diketuai kak Kusuma dan kubu hardware diketuai kak Riskan. Sekali lagi, kedua-duanya baek banget. Cuman, hari pertama kita gabung ama mereka, belum-belum dikasih kompi rusak yang kita keknya dites disuruh mbenerin tuh kompi. Dan hasilnya… Eng-ing-eng… gatot (a.k.a. gagal total) sodara-sodara…! Hik-hik-hik… Mana dengan dodolnya gua bikin analisa bahwa si power supplynya rusak. Tapi ternyata sama aa’ di bagian hardware dipasang ulang kabelnya dah bisa nyala. T____T

Eh nggak juga deng, ternyata beberapa saat kemudian si kompi mati lagi. Wkwkwkw…

Tanpa basa-basi kita langsung diinterogasi di ruang tertutup tentang deskripsi proyek yang bisa kami pilih. Berhubung di cv gua gua tulis gua pernah terlibat di proyek web development, mereka pun ngasih proyek soft juga. Seinget gua ya, ada 3 proyek. 2 bertemakan soft, 1 bertemakan hard. Untuk soft yang pertama kita suruh bikin modul situs tracing posisi barang jika dilakukan mass production. Terus task untuk soft yang kedua kita disuruh bikin modul situs untuk complain ticket buat client, mirip-mirip komplain tiket di nic.itb.ac.id. Adapun yang hard, temanya mobile fingerprint. Karena yang hard ini masih belum jadi sama sekali prototypenya, jadinya kita disuruh ngerjain yang soft dulu sebelum yang hard.

Dan, oh Tuhan… mereka nggak nyuruh bikin pake si imut tersayang html atawa java atawa php atawa mySQL atawa… mmm… joomla apalagi… Mereka nyuruhnya mbikin pake C# (baca si sharp) dong~! Apaan tuh?! Nggak pernah gua bikin web pake gituan? Sumpah keringat dingin pun membanjiri kening… ==’ Terus belakangan iseng-iseng gua nanya, (kurang lebih) “Mas, databasenya pake mySQL?” Si masnya pun langsung mesem kek menahan ketawa, (kurang lebih) “Nggak lah~… Kita pake firebird kok…”

“Oh!”

Wkwkwkwk… Gua mau ngakak soalnya bahkan gua nggak pernah terbayang ada database yang namanya mirip firefox. a…haha…ha… T______T

H+1 murnilah kita cuma merancang di atas kertas flowchartnya doang tanpa tahu sintaksnya sama sekali. Juga kita pake kompi server dong (soalnya kita nggak kebagian kompi) buat googling bahan-bahan, yang sayangnya, sangat tidak user friendly dalam menjelaskan ke dummies kek kita… ==’

Oya, sekedar tahu aja, jadi H+1 itu kita masih kost di jakarta. Jadi kudu naek feeder kemang di ratu plaza daerah semanggi. Buat loe yang kostnya bukan di jakarta, dari kost gua klo mau ke si feeder, kudu naek angkot dulu dari staco sampe halte karet buat naek busway. Nongkrong pagi-pagi nunggu angkot yang penuh kegejean dan ramai bin macet, akhirnya dapet angkotnya sekitar jam 8 kurangan. Dan begitu sampai halte busway, kita naek sampai ke semanggi. Di halte dan bus pun antri dengan penuh sesak napas karena si feeder cuma ada di jam-jam bulat semacam 7, 8, 9, bukan 7.15, 8.30, ataupun 9.37, sedangkan nunggu si busway juga masih antri. Sampai ratu plaza dah jam 8.3*… OK, hari pertama telat soalnya sampai kemang jam 10an. Dan ketika mau pulang dari kemang pun harus sebelum jam 5 sore, soalnya si feeder adanya jam segituan pastinya, klo dah jam 6 konon katanya dah nggak bisa dijamin lagi. Sampai jakarta lagi jam 7an. Naek busway + angkot buat sampe staco jam 8an.

Jadi… Hidup gua untuk kape jakarta bekasi adalah, dari jam 7 pagi sampai 8 malem.

Gila! Bisa mati bengong gua klo gitu terus-terusan. Maka keinginan untuk segera pindah kost ke bekasi pun semakin membara… :=<

Kembali ke C#. Malem hari H+1 gua mati-matian mbaca dokumentasi C# yang luar biasa tidak mencerahkannya untuk otak lola (baca: loading lambat) macam gua. Pagi hari H+2 dengan mata berkunang-kunang gua pun berangkat ke kemang lagi… Dan di sana kami masih teteup belum kebagian kompi. Tapi karena gua bawa laptop, jadilah kita ngerjain di Notepad++ doang dong. Dan karena kak Kusuma-nya nggak masuk, resmilah kita cuman bikin class-class geje bernotasikan C# apa adanya. Bener-bener apa adanya ini. Karena kita cuman nulisin state-statenya doang secara abstrak. Apalagi gua yang masih belum ngeh ama C#, sintaksnya gua gado-gadoin antara C# yang bener, C# yang ngaco, java, ama C++, plus, bahasa yang mungkin sebentar lagi akan lahir, Agi++. Wkwkwkw… Nggak kebaca~

H+1 sebetulnya kak Kusumanya dah ndemonstrasiin pemakaian C#-nya sekilas. Tapi berhubung saat itu guanya lagi nerima telpon, jadinya miss deh. T___T H+3 kak Kusuma dah masuk lagi. Dan kita dikasih kopian Visual Studio buat C#, dokumentasi MSDN yang besarnya 1 Giga lebih, plus Firebird. Di H+3 ini juga kami dah dapet kompi baru. Jadi resmilah kami kerja di sini. Kak Kusuma akhirnya ngasih kuliah singkat tentang C# dan contoh aplikasinya. Wooo~ Tokcer banget kak Kusuma klo nerangin, kita langsung paham sama penjelasan dia. Jadi, mulailah H+3 ini kami mengerjakan proyek kami dengan C# dan Firebird yang baik dan benar. Hasil akhir klasemen sementara, kami baru nyelesein garis besar interface keseluruhan buat complain ticketnya, input output standar database via interface, dan semacamnya. Kami masih stuck di bagian combobox. Aduuuh… apa pulak ini… ==’

Btw untunglah, sebetulnya semenjak H+1 gua dah dapet tempat nginep di rumah temennya papa, yang gua sendiri baru pertama kali ketemu sama beliau. Aduuuuh… betapa tidak sopannya aku, kenalan langsung minta ijin buat nginep. T_____T Dan H+2 pun akhirnya gua resmi pindahan gotong-gotong bawa bawaan gua dari jakarta ke rumahnya beliau. Untung istri beliau sama beliau sendiri orangnya baik banget… Gua bener-bener diperlakukan dengan menyenangkan kek anggota keluarga yang lain. Gua sampai keingetan mama ama papa gua klo ketemuan ama beliau-beliau ini. Gua sampai terharu… Ya Tuhan… kape ini gua bener-bener selalu bertemu dengan orang-orang baek. Gua jadi terharu lagi. Pelajaran yang gua dapet pas kape ini adalah, tolonglah siapapun orangnya yang sedang kesusahan. Jadi, ntar klo dah besar, gua mau mencoba melakukan kebaikan yang sama seperti yang pernah beliau-beliau ini lakukan ke gua. Untuk temen-temen dan beliau-beliau yang sudah membantu gua dalam kape ini, gua cuma bisa berdoa semoga Tuhan membalas kebaikan anda semua dan selalu melimpahkan rahmatnya kepada anda sekalian. Amiiiin…

