KP Part 2 : Halo-Halo Kosambi

15062009108

Intro

Siang hari pukul 10.00 WIB kami berangkat dari PLN LITBANG Duren Tiga menuju ke lab yang di Kosambi, Jakarta Barat bukan Kosambi Bandung lho…jauh bener kayanya…hehehe… Kami berangkat dengan mobil operasional PLN yang pasti berangkat dari Duren Tiga ke Kosambi setiap harinya kecuali hari sabtu dan minggu dengan membawa sejumlah staff lab dan mahasiswa yang sedang KP, yaitu kami-kami ini. Kendaraan berangkat dengan diiringi lagu rakyat alias dangdut  dengan lancarnya sehingga tiba di Kosambi pukul 11.40 WIB. Sesampainya disana kami berkenalan lagi dengan Staff Lab yang memang sudah bertugas sejak pagi disana, kami berkenalan satu persatu sambil mereka bertanya tentang teman kita saudara Fela Rizky, emang bener-bener dah hampir semua staff nanyain kita kenal gak sama fela, bahkan pak satya juga bilang dia itu bagus tuh analisanya, dan pengetahuannya…jieeeee……

“4 Jam untuk 1 detik”

Kebetulan sekarang sedang dilakukan pengujian Load Breaking Switch (LBS) untuk tegangan 20kV yang biasa dipakai diatas tiang listrik untuk memutus aliran daya. Alat ini akan diuji ketahanan saat ada gangguan short circuit, dan arus hubung singkat yang diberikan adalah sebesar 16 kA.

Saat kami datang sedang dilakukan pemasangan untuk tiang tempat ditaruhnya si LBS tadi, kami hanya menonton saja dan menyaksikan kerja staff lab tersebut selama kurang lebih 2 jam sampai waktu istirahat. Setelah istirahat pemasangan dilanjutkan selama 2 jam hingga alat siap di uji dengan arus sebesar 16 kA tersebut. Lumayan lah ikut2 masang baut dan membantu memasangkan alat tersebut.

Dalam pengetesan, kabel jumper harus ditahan pada tempat tertentu karena arus sebesar 16 kA akan membuat kabel bergerak cukup kencang, padahal kabelnya itu berat banget dan butuh 2 orang untuk mengangkat kabel secara sempurna (bukan diseret) yang panjangnya hanya 3 meter….hahahaha. Kenapa kabel yang sangat berat itu bisa bergerak saat diberi arus yang sangat besar??? Hayo kenapa..??? baca lagi seh….saya ga mau ngasih tau ah…hehehehe….

16062009109

Setelah semuanya beres, maka pengujian dilakukan, dan saat kami bertanya pengujian akan dilakukan berapa lama, jawabannya adalah “cuman diberi arus selama 1 detik kok……”, wew,,,pemasangan yang lama hanya untuk diuji selama satu detik..??? belum lagi nyopotnya…hehehehe….Udah gitu bakalan diuji lagi dari aspek mekanisnya dengan menutup dan membuka switch sebanyak 2000 kali….!!!!

Memang untuk meraih kesempurnaan butuh waktu yang tidak singkat dan banyak tantangannya…..

“Kalau masalah absen gampanglah itu, kalian boleh datang jam berapa saja kok….”

Setelah semalam tinggal di kos-kosan di kosambi kami berangkat dengan santai menuju lab, bayangkan saja kami baru jalan dari kosan jam 8 pagi dan naik angkot 2 kali dengan total perjalanan 10 menit, hehehehe….nikmatnya di PLN hahahahaha….!!!!

Sesampainya di lab pukul 08.20 kami melihat kekosongan dalam lab, hanya ada 2 orang staff lab yaitu pak edi dan pak endang. Saat kami bertanya staff lain kemana, ternyata mereka semua dari Duren Tiga dan baru berangkat pukul 10.00 persis saat hari pertama kami dari sana. Saat itu saya teringat akan perkataan pak satya saat kami pertama bertemu beliau hari senin kemarin.

Pak Satya : “Oke lah, kalian ikuti saja pengujian yang dikerjakan di Lab kita, kalau lagi di kosambi ya ke kosambi kalau lagi di duren tiga ya di duren tiga”

Saya : “oke pak…”

Pak Satya : “Kami ingin adanya masukan, beri saran dan komentar dimana kekurangan dan apa yang harus diperbaiki… dan kalau bisa bantu kami mengembangkan juga….”

Saya : “oke pak…”

Pak Satya : “Kalau masalah absen gampanglah itu, kalian boleh datang jam berapa saja kok,  yang penting tetap disiplin selama KP ini…”

Kami : “OKE PAK….!!!!” (hahahaha….nikmatnya di PLN…..hahahaha…!!!!!!)

“Ayo kita Halo-halo dulu deh sebentar….”

Pukul 10.30 rombongan datang dari duren tiga dan langsung bekerja untuk kembali menguji alat yang dikirimkan ke Lab ini. Pak Haryo sebagai pembimbing lapangan kami langsung mengajak kami untuk berjalan-jalan mengelilingi lab, karena hari senin kami belum sempat keliling lab.

Pak Haryo : “Kemaren belum halo-halo disini kan…??, ayo kita halo-halo dulu deh sebentar…., jadi lab hubung singkat atau lab daya ini adalah salah satu lab dari PLN LITBANG yang digunakan untuk…bla…bla…bla…..”

Intinya : Laboratorium Hubung Singkat / Laboratorium Daya PLN LITBANG yang ada di kosambi merupakan salah satu lab penunjang yang digunakan untuk menguji kelayakan alat-alat yang akan digunakan pada jaringan transmisi dan distribusi PLN. Setiap pabrik yang memproduksi peralatan yang akan digunakan oleh PLN ataupun pengguna PLN akan diujikan disini terlebih dahulu. Sebagai contoh dalam jaringan transmisi dan distribusi akan di ujikan trafo distribusi, panel CB, konduktor a.k.a kabel, LBS, konektor kabel, dll. Bahkan lampu, saklar, MCB, steker/terminal, diuji terlebih dahulu (di lab duren tiga). Sebagian besar peralatan untuk transmisi seperti trafo akan “jalan-jalan” dari lab satu ke lab yang lain, dari pabrik langsung ke kosambi, lalu dibawa ke duren tiga, lalu dibawa lagi ke kosambi dan akhirnya diambil oleh sang empunya trafo.

“Tes awal di lab daya”

Selesai halo-halo kebetulan ada trafo yang datang dari pabrik, masih di plastikin loh, kaya beli dari toko aja nih, hehehehe….asik kita ada kerjaan untuk pemeriksaan rutin yaitu pemeriksaan fisik, luar dalam serta pengujian tentang apa yang ditulis di name platenya, apakah bener si trafo punya rating segitu, tahanan segitu, dll, tapi hari ini kami cuman melihat fisik luar dalamnya saja terlebih dahulu. Akhirnya trafo dibuka dan diangkat untuk dilihat “dalemannya” dan dimulailah tes awal kami di PLN hehehehe…..

“Ini bagian apa ayo namanya..?”

“Fungsinya buat apa..?”

“Belitan primernya dimana…?”

“Terminal primer yang besar apa kecil….kenapa kecil…?”

“Konduktor belitan primer dan sekunder diameternya sama atau nggak?, lebih besar yang mana?, kenapa…?”

“Ini rating trafo artinya apa?”

“Bagaimana cara kerja tap changer…?”

Dan masih banyak lagi pertanyaan teknis yang sebenrnya jawaban dari pertanyaan itu kembali lagi ke apa yang pernah kita pelajari di MME, AST, TTT dan sayangnya Proteksi yang belum kita ambil. Asik deh pokoknya “tes awal” disini, berasa di konversi aja, tapi 2 bulan, hehehehe…..nambah ilmu, nambah tahu, nambah pengalaman, dan yang paling penting nambah amunisi buat nge-tes awal praktikan2 power 07 semester depan, hahahahaha….07 siap2 klean…!!! hahahaha…..

16062009112 copy

Masih di plastikin dong….

Image004

Bongkar…!!!

Image000

Tes awal dulu ah….

Sekian dulu deh part 2, nanti dilanjutkan dengan sistem tenaga di lab ini serta gardu induk jakarta barat.

-Salam –

==============================================

Yudha Pratomo (13206103)

Aroes Koeat Elektroteknik ITB

PT. PLN LITBANG Ketenagalistrikan

==============================================