2 minggu di Balikpapan

Yoo maan,, karena cuma dapet akses internet di kantor aja, 2 minggu ini kita gak bisa ngepost, lebih tepatnya si males. Soalnya gak ada yang bisa diceritain,, hehe bo’ong deng.. Lo pada pasti punya pengalaman yang lo pikir temen” lo gak bakal punya, sama aja kayak di sini.

First of all, gw dan Semidang kp di Total E&P Indonesie (TEPI) Balikpapan. Kantornya ada di Jalan Yos Sudarso, tapi karena di sepanjang itu yang keliatan cuma Unit Pengolahan Pertamina, kantor pertamina, kantor total, ama kapal2, jadilah punya sebutan jalan minyak. Jalan ini punya pengawasan khusus ama polisi dan diberi status “objek vital negara”. Gak bisa pipis seenaknya.

Objectives
Alhamdulillah kita orang diarahkan ke bagian yang sesuai dengan kita orang punya latar belakang. Kita kerja di bagian IST/TEL/TOM (Information System & Telecomm/Telecomm/Operation&Maintenance). Head departementnya ternyata alumni subjur B juga, haha. Buat yang belom mulai kp, atau yang baru aja kape, mungkin ada sedikit tips,, gak usah cari kerjaan dulu, yang penting kenal semua orang dulu, kalo perlu ampe yang ngurus pantrynya lo akrab. Dan seminggu pertama kita abisin keliling sana keliling sini. Jadi kantor departemen ini kebagi 2, called OFJ and Gunung Utara. Yang terakhir itu bukan majas, tempatnya bener” gunung, kita harus mendaki lewat tangga kayu yang keren, masuk ke komplek petinggi” Total, ngelewatin aula tempat anak” suka latian tari, ngelewatin lapangan Tennis yang tiap lewat papasan ama cewe perancis lagi latian, dll. Kalo nyampe atas pasti basah lah badan. Tapi yang ngalamin itu cuma kita aja karena kudu jalan kaki, kalo karyawan lain yang kantornya di gunung utara pada bawa kendaraan sendiri. FYI di gunung utara itu ada tower buat BTS Telekomunikasi, VSAT, dll, jadi ya wajar lah setinggi itu.

Alhamdulillah kita mulai dianggap (haha) ama orang2 di OFJ sama Gunung Utara. Seminggu itu juga kita dibuka matanya tentang telekomunikasi. SDH, WAN, NMS, PABX, RTS, TETRA, beeeuh banyak pisan lah istilah” yang akhirnya kita tau artinya apa. Technically, gue ama dipta beda topik. Dipta ngurusin tentang SDH, perangkat”nya, optimasi, dll. Kalo gw tentang RTS (radio trunking system) sama PABX yang sistemnya bakal migrasi dari E1/PRA ke IP trunk. Yang terakhir gue sebut sudah selesai tadi malam, HAHAHA. Untuk ngetes PABXnya, kita (gw dan mentor) kudu nunggu orang pulang kantor dulu, dan lembur lah gue sampe jam 9 malem. Kalo tantang RTS gue harus buat analisis tentang teknologi TETRA.

Nah, ini yang paling unik, head sect. TOM nya, pak RIO, ngasih kita berdua objektif khusus. Kita disuruh desain ruang control (control room/monitor room) baru gara” yang existing sekarang belom bagus. Dari segi pendinginannya (ACnya harus berapa), layoutnya (letak” PC, rak PABX, rak patchpanel), dll. Kayak seru, tapi kita belom mulai”, haha. Pak RIO bilang kalau kemampuan teknikal itu gak seberapa dibanding kemampuan manajerial, jadi beliau membimbing kita langsung untuk itu.

Hidup di Balikpapan
PANAS!! Tapi beberapa hari ini cuacanya bersahabat, mendung” gak jelas gitu, enaaak deh. Tapi tetep aja, pulang” bakal jadi zebra kayaknya.
MAHAL!! Disini makanan belasan ribu semua, kalo mau makan di bawah itu ya nasi goreng telor dadar ato sate ayam setengah porsi.
HOKI PARAH!! Alhamdulillah 2 minggu ini kita dikasi yang baik2 terus. Kita disini ngekos, dan keluarga kosan kita baik parah. Pulang kerja langsung main ps bareng anak2nya yang masi bocah, enak dah. Weekend kemarin dibawa sarapan di daerah deket BC (mall paling gede seantero Balikpapan). Duh bersyukur banget lah. Oiya kita bareng Thariq (FT 06) juga kemana2. Cari kosan bareng, ngekos bareng, makan bareng.
Hari senin kemaren kita ketemu sama Pak Syahril yang ternyata eh ternyata Ketua Umum Persiba Balikpapan (kalo di Bandung namanya Persib). Setelah obrol mengobrol2 ringan akhir cerita Semidang dibayarin Sate Ayam ama beliau. Gue ama Thariq juga ditawarin, tapi yasudahlah. Kemaren malem pulang lembur sendirian gw beli sate lagi disana. Bercengkrama sama tukang satenya bentar, ternyata pak Syahril emang baik pisan, kalo ada yang minta uang buat pulang kampung dikasi, “ada teman saya mau pulang, dikasi 1 juta, kalo minta PP juga dikasi, ade saya juga kemarin ini dibayari Umrah!”, wah heboh pisan si abang cerita.. Gue juga tanya” tempat jual syal Persiba buat beli titipan M. Yudayat Jr. (Kalo duit gue masi nyisa Rap).
Weekend kemarin kita juga ditraktir ama senior gue di MBWG ama EL04, amar ama Rio. Nonton garuda di dadaku sama makan malem di Oceans, salah satu resto yang malem minggu dipenuhi wanita” dan bule”. Hmm, begini lah balikpapan, cewe” cantiknya keluar malem minggu aja, itu pun di restoran mahal. Jadi katanya mah kalo mau kerja di sini kalo bisa udah punya cewe dulu di kota asal, haha.

Yaah segitu dulu ah,, cape ngetik ama nyusun kata”nya. Kalo masalah kerjaan mungkin gak bisa cerita terlalu banyak gara” si confidential itu loh. Jadi yaa next time paling gue bakal cerita orang” di kantor, foto” di sini, keluarga baru kita, dll. Belom bisa masukin foto nih, masi di kamera, belom di transfer. JAYA SELALU!

Advertisements