21st Day in Japan : “Dejitaru nyuuryoku..”

konbanwa..ini postingan pertama saya soal kerjaan..hahaha..😀😀

Pada hari ini, Selasa, 7 Juli 2009, saya memperoleh pekerjaan baru. Setelah berpindah grup dari New Coming Proposal group (Takahashi-san) ke System Designing I group (Sato-san), saya diberikan tugas untuk mendesain “dejitaru nyuuryoku” (digital input) screen untuk Japan’s Railways Project yang sedang berlangsung. Saya menggunakan software WinAPE yang terkait dengan Display Unit manufacturer yang dipakai oleh Toshiba. Berikut ini tampilan softwarenya.

(jaaaah..ngga kebawa gambar”nya masih di laptop kantor..hahaha..besok deh di edit.. :P~)

Pada akhirnya, digital signal yang berhubungan dengan 3 PCB berbeda dikonversi tampilannya untuk mempermudah maintenance staff dalam memonitor kondisi kereta. Screen terdiri dari 3 halaman. Screen pertama merupakan screen PCB jenis PCI37 yang pertama. PCB ini nantinya terkoneksi langsung dengan Train Control and Monitoring System (TCMS) dengan koneksi serial RS485.

locomotive screen_PNL0001

Bar pertama yang berwarna biru merupakan title “dejitaru nyuuryoku” yang berarti digital input screen. Pada panel touch screen ini terdapat dua jenis PCB yang sama tapi berbeda digital signal inputnya. Setiap PCB PCI137 terdiri dari 16 bit signal informasi yang tersambung ke TCMS. Kemudian, bar berwarna biru di kanan bawah merupakan tombol untuk ‘previous page’ dan ‘next page’. Di bawah ini merupakan panel page 2 yang berisi signal informasi PCB DIP39.

locomotive screen_PNL0002

PCB DIP39 terdiri dari 56 bit informasi yang berhubungan dengan TCMS. Saya membuat desain screen untuk PCB ini sebanyak 2 halaman karena tidak muat. Lebih jauh lagi, tanda asterisk (*) mengindikasikan signal informasi yang sudah diketahui namun belum diberi nama. Hal ini kontras dengan ‘yobi’.

Bar berwarna ‘hitam’ mengindikasikan relay off dan bar berwarna ‘kuning’ mengindikasikan relay on. Bar ‘yobi’ berarti signal informasi masih TBD (To Be Determined). Satu bar informasi terdiri dari dua baris, baris pertama mengindikasikan nama sinyal yang dalam hal ini belum ditentukan juga serta baris kedua mengindikasikan kode sinyal yang akan berkomunikasi dengan TCMS. Gambar di bawah ini merupakan page terakhir dari pekerjaan saya hari ini.

locomotive screen_PNL0003

Okey, sekian postingan saya. Sebenarnya masih banyak postingan yang sudah saya siapkan, tapi semuanya terkait dengan jalan”. Hahaha..sekali” posting kerjaan deeeh..jha neee..sayouara..😀😀