Day 5 : [materi] the biggest fertilizer company in the world

   

Bontang, 14 Juni 2009

@Home


Hmm, sesuai janji gw kemarin.. kali ini gw bakal ceritain apasih itu PT.Pupuk Kalimantan Timur, gimana proses yang ada di sana? walaupun lebih ke arah tekkim kalo cuma bahas introductory nya…So, siapkan kopi Anda di Sunday Morning ini !!

PT. Pupuk Kalimatan Timur adalah sebuah perusahaan pengelola pabrik pupuk terbesar di dunia. Kapasitas produksinya hingga saat ini mencapai 1,85 juta ton pupuk amoniak dan 2,98 juta ton pupuk urea per tahunnya. Kenapa bisa begitu besar? karena PT.Pupuk Kaltim memiliki 5 buah pabrik, yaitu pabrik Kaltim-1, Kaltim-2, Kaltim-3, Kaltim-4, dan POPKA. Rencananya pada tahun 2010 akan mulai dilakukan pembuatan pabrik Kaltim-5, yang akan semakin mengukuhkan PKT menjadi pabrik pupuk terbesar di dunia dalam satu lokasi. Berikut ini adalah data dari setiap pabrik.

Kaltim-1

Kapasitas Produksi

Urea: 700.000 ton/tahun

Amoniak: 595.000 ton/tahun

Pabrik Kaltim-1 yang merupakan pengalihan pabrik pupuk terapung, diresmikan tanggal 29 Oktober 1984. Pabrik ini menggunakan proses Lurgi untuk amoniak dan Stamicarbon untuk urea.

"pabrik1"

Kaltim-2

Kapasitas Produksi

Urea: 570.000 ton/tahun

Amoniak: 595.000 ton/tahun

Pabrik Kaltim-2 diresmikan bersamaan dengan Kaltim-1 dan menggunakan proses Kellogg untuk amoniak serta Stamicarbon untuk urea.

"pabrik2"

Kaltim-3

Kapasitas Produksi

Urea: 570.000 ton/tahun

Amoniak: 330.000 ton/tahun

Pabrik Kaltim-3 diresmikan pada tanggal 4 April 1989. Pabrik dengan teknologi hemat energi ini menggunakan proses Haldor Topsoe untuk amoniak dan Stamicarbon untuk urea.

"pabrik3"

Kaltim-4

Kapasitas Produksi

Urea: 570.000 ton/tahun

Amoniak: 330.000 ton/tahun

Unit urea Pabrik Kaltim-4 diresmikan pada tanggal 3 Juli 2002 dan unit amoniak Kaltim-4 diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 31 Mei 2004. Kaltim-4 juga memproduksi urea granule. Pabrik ini menggunakan proses Haldor Topsoe untuk amoniak dan Snamprogetti untuk urea.

"pabrik4"

POPKA

Kapasitas Produksi

Urea: 570.000 ton/tahun

Proyek Optimalisasi Pupuk Kaltim (POPKA) hanya memproduksi Urea merupakan proyek optimasi Kaltim yang diresmikan pada tanggal 7 Juli 1999. POPKA merupakan pabrik urea granule pertama di Indonesia dengan menggunakan proses Stamicarbon untuk urea.

"pabrik5"

Mengenai sistem kontrol yang digunakan pada setiap pabrik berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh pembangunan setiap pabrik waktunya berbeda. Tentunya pabrik yang memiliki sistem kontrol terbaru, yaitu pabrik Kaltim-4 dan POPKA. Keseluruhan pabrik telah menggunakan DCS (Distributed Control System) untuk mengendalikan proses dan Integrasi Listrik ( buat anak Power : PKT mempunyai pembangkit listrik sendiri, yaitu pembangkit listrik tenaga gas alam dan pembangkit listrik tenaga uap. Rencananya taun depan akan dibangun pembangkit listrik tenaga batubara. kapasitasnya cukup besar,yaitu sekitar 38 MW dan sistem penglistrikan seluruh pabrik telah terintegrasi dengan menggunakan DCS [pada tahun2008] ).

Untuk pabrik Kaltim-3 dan Kaltim-2 masih menggunakan sistem kontrol pneumatic. Jadi untuk menggerakkan valve, dll dari control room media yang digunakan adalah tekanan udara. Pneumatic ini walaupun memiliki akurasi cukup tinggi (error sekitar 0,01%) tetapi responnya cukup lambat jika dibandingkan dengan teknologi terbaru dengan menggunakan penghantar listrik (4 mA-20 mA). Pabrik Kaltim-1 adalah pabrik kapasitas produksi terbesar dengan efisiensi rendah karena sudah tua. Sistem kontrol pada pabrik ini dalam tahap peremajaan, jadi gabungan antara DCS, PLC, dan pneumatic.

Jenis-jenis Produk perusahaan ini

1. Urea

PT Pupuk Kaltim memproduksi 2 (dua) jenis pupuk Urea, yaitu:

  1. Urea Prill
  2. Urea Granule

Spesifikasi teknis kedua macam pupuk Urea tersebut adalah sama hanya berbeda dalam hal ukuran butiran, dimana pupuk Urea Granul lebih besar dan mengandung lebih banyak anti cacking.

No. Spesifikasi Teknis Urea Prill Urea Granul
1 Kandungan Nitrogen 46 % (Minimal) 46 % (Minimal)
2 Ukuran Butiran 1 – 3,35 mm 2 – 4,75 mm
3 Kandungan Air 0,5 % (Maksimal) 0,5 % (Maksimal)
4 Biuret 0,5 % (Maksimal) 0,5 % (Maksimal)
5 Warna Putih dengan perlakuan anti cacking Putih dengan perlakuan anti cacking
6 Kemasan Dalam karung 50 kg atau curah Dalam karung 50 kg atau curah

Spesifikasi Teknis Urea Pupuk Kaltim

Pupuk Urea disebut juga sebagai pupuk Nitrogen (N) karena mengandung Unsur hara Nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Manfaat Unsur Hara Nitrogen bagi tanaman :

  1. Sebagai penyusun zat hijau daun (klorofil) yang sangat penting dalam proses fotosintesis tanaman dan membuat daun tanaman menjadi lebih hijau
  2. Mempercepat pertumbuhan vegetatif (pembentukan anakan, tinggi tanaman, lebar daun), panjang malai, jumlah gabah dll.
  3. Meningkatkan kadar protein hasil panen tanaman.
  4. Bagian terpenting dari asam-asam amino, asam nucleat, dan klorofil.

2. Amoniak

Pupuk Kaltim memiliki empat pabrik amoniak yang berbahan baku gas alam dengan kapasitas terpasang mencapai total 5.600 ton per hari.

Spesifikasi Amoniak

Deskripsi produk :

  • Kandungan amoniak 99,5%
  • Kandungan air 0,5% max
  • Kandungan minyak 10 ppm max

Amoniak yang terjadi karena reaksi dengan tekanan yang sangat tinggi dalam proses produksi urea merupakan gas yang mudah larut dalam air dan seringkali digunakan dalam pupuk.

Produk Amoniak menurut World Customs Organization dikelompokkan dalam nomor Harmonized System (HS)/SITC: 3102.10.000.

3. Pupuk Majemuk

Pupuk majemuk merupakan jenis pupuk yang memiliki kombinasi beberapa unsur yaitu Nitrogen, Fosfor dan Kalium.

Berdasarkan proses pembuatannya, Pupuk Kaltim menggunakan dua sistem produksi pupuk majemuk yaitu: Mechanical Blending dan Fuse Blending.

Mechanical Blending

Pupuk Kaltim telah memproduksi Pupuk Majemuk dengan proses Mechanical Blending dengan merek dagang NPK Pelangi.

NPK Pelangi dibuat dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi. Tampilan NPK Pelangi berbentuk butiran granul yang berwarna-warni merupakan tampilan asli dari bahan baku penyusun NPK Pelangi yang terdiri dari Urea granul, DAP, KCl granul dan bahan tambahan lainnya.

Pupuk Kaltim dapat memproduksi berbagai jenis pupuk majemuk dengan komposisi unsur hara yang disesuaikan dengan jenis tanah dan jenis tanaman yang dibudidayakan.

Bahan baku NPK Pelangi adalah:

  • Urea granul merupakan pupuk nitrogen lepas lambat (slow release nitrogen fertilizer), sehingga unsur hara nitrogen yang dilepaskan ke dalam tanah dapat tersedia untuk periode yang lebih lama dan dapat lebih banyak diserap oleh tanaman.
  • Diammonium Phosphate (DAP) granul, merupakan sumber nitrogen dan phosphate. DAP dapat menyediakan nitrogen yang segera dapat diserap oleh tanaman dan mempunyai kandungan P2O5 (Phosphate) yang tinggi dengan tingkat kelarutan P2O5nya mencapai 90 Ð 95%.
  • KCl (MOP) flake, merupakan sumber kalium dengan bentuk butiran lebih besar sehingga lebih efisien dibanding KCl kristal.

Keunggulan NPK Pelangi

  • Mempunyai formula yang fleksibel dan spesifik lokasi, dapat dibuat sesuai kebutuhan berdasarkan analisis tanah dan daun pada masing-masing lokasi.
  • Berbentuk granul sehingga bersifat slow release dan mudah dalam aplikasinya.Dapat menghemat biaya pemupukan hingga 30 %.
  • Lebih efektif, efsien dan tahan disimpan lebih lama serta mampu meningkatkan hasil.

Manfaat NPK Pelangi Bagi Tanaman

  • Mempercepat pertumbuhan tanaman, pembentukan anakan, tinggi tanaman, lebar daun, panjang malai dan jumlah gabah.
  • Menjadikan daun tanaman lebih hijau sehingga menjamin berlangsungnya proses fotosintesis dengan baik.
  • Merangsang pertumbuhan akar tanaman.
  • Menjadikan batang tanaman lebih kokoh sehingga mengurangi resiko rebahnya tanaman.
  • Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.
  • Memacu pembungaan, pembentukan dan pemasakan biji/buah sehingga biji/buah lebih cepat panen.
  • Meningkatkan kandungan protein, gula dan minyak/lemak tanaman.
  • Memperbesar ukuran biji,buah dan umbi yang dipanen.

4. Pupuk Organik

Kesalahan pola budidaya tanaman, khususnya dalam hal pemupukan yang tidak seimbang menyebabkan penurunan tingkat kesuburan tanah baik secara kimia, fisik dan biologis, sehingga kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman berkurang. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan penambahan pupuk organik yang bertujuan untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Pupuk Kaltim telah memproduksi pupuk organik dengan merek Zeorganik.

Spesifikasi Produk

  • Kadar C Organik : 12-20 %
  • C/N Ratio : 10-25
  • Kadar Air : 12 % Maksimal
  • Nutrisi : N, P, K, Ca, Mg, Cu, Zn, Mn, Fe
  • Isi Kemasan : 20 kg

Prinsip Kerja

Pupuk Zeorganik mengandung bahan organik dan mineral. Bahan organik menghasilkan nutrisi bagi tanaman dengan bantuan mikroba. Unsur mineral Zeorganik mampu menyimpan kelebihan nutrisi yang belum diserap akar termasuk yang berasal dari pupuk anorganik. Kelebihan nutrisi ini akan dilepaskan ketika tanaman membutuhkan.

Manfaat Zeorganik Bagi Tanaman

  1. Memperbaiki struktur tanah menjadi lebih gembur dan mudah diolah
  2. Memperbaiki tata udara dan air dalam tanah
  3. Memberikan lingkungan yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan mikro organisme dalam tanah
  4. Memperbaiki kondisi perakaran tanaman
  5. Meningkatkan daya pegang hara dan air
  6. Meningkatkan efisiensi penyerapan unsur hara oleh tanaman
  7. Mempertahankan kesuburan tanah
  8. Meningkatkan produktifitas tanaman

Advertisements