KP Part 1 : Halo-Halo di PLN LITBANG

Intro

Hari ini senin 15 Juni 2009, kami bertiga (Yudha, Ashr, dan Qoshda) memulai hari-hari KP dengan mendatangi Kantor PLN LITBANG di Duren Tiga Jakarta Selatan.

Pukul 6 pagi kami baru bangun dari tidur lelap selama 8 jam di kamar sebuah rumah di bekasi. Dengan sedikit tergesa-gesa tiap orang mandi bergantian supaya segar dan dapag menjalani hari ini dengan penuh semangat. Pukul 7 tepat setelah sarapan pagi kami berangkat dari bekasi, what the…??? Jam 7..??? cari mati emang,hahaha… Bagi mereka yang mengenal jakarta dan seluk beluknya tentu jam 7 baru jalan untuk menuju jakarta memang bukan suatu keputusan yang tepat, alhasil dengan menempuh jalan tol dan melewati 7 lampu merah kami berhasil sampai di kantor PLN LITBANG Duren Tiga Jakarta Selatan pukul 8.30 Waktu Indonesia Bagian Bandung (karena jamnya belum disesuaikan dengan waktu jakarta yang beda sedikit dengan bandung,hehehehe…..

“Sekarang lagi ada pengujian Panel dibawah, ikut aja dulu sekarang”

Sesampainya di Duren Tiga saya langsung menelpon bapak pembimbing KP yaitu bapak Satya, pembimbingnya Fela yang tahun lalu, kami pun langsung naik ke ruangannya dan langsung disambut dengan ciri khas pegawai negeri yaitu segelas kopi hitam diatas meja, laptop (maklum manager, kalo dulu mah komputer jadul), lalu yang tidak kalah penting dan memang ciri khas utama adalah rokok yang di jepit diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan pak bos. Perkenalan mengawali perbincangan kami dengan pak satya dan terus berlanjut perkenalan dengan anak buah pak bos yang mereka semua masih teringat dengan saudara Fela Rizky yang tahun lalu KP disini. Buat Fela : fel, emang lo KP ngapain aja sih…???, kok terkenal banget lo…hahahaha…

Setelah perkenalan tanpa basa basi pak bos langsung memberikan gambaran tentang KP kami selama kurang lebih satu bulan ini. Selama Kerja Praktek kami akan ikut menguji beberapa alat yang biasa digunakan di sistem ketenagalistrikan misalnya Trafo distribusi, Panel Circuit Breaker, dan lain lain. Sejenak setelah penjelasan tersebut pak bos langsung berkata

Pak Bos : “Sekarang lagi ada pengujian Panel dibawah, ikut aja dulu sekarang, nanti baru lanjut ke lab yang di kosambi”

Saya : “Oke pak” (dalam hati berkata berlawanan : “buset pagi-pagi langsung turun ke lab, hahahaha..)

“Kita Halo-halo dulu deh….”

Setelah itu kami dibimbing oleh pak Haryo yang memang penanggung jawab lapangan pada KP ini. Pak Haryo mengajak kami untuk berkeliling Lab LITBANG yang ada di Duren Tiga ini.

Pak Haryo : “Jadi kita Halo-Halo dulu deh sama Lab Tegangan Tinggi ini, nah….ini kita lagi pengujian Temperature Rise untuk CB, jadi CB ini diberikan arus sebesar 630 Ampere…bla…bla….bla….”

Intinya mah pengujian ketahanan CB dilihat dari ketahanan temperatur kerjanya, mengapa pake arus yang besar…??? tau kan kalo disipasi daya yang berubah jadi panas itu adalah I kuadrat R, nah dari situ lah dilihat perubahan temperatur kerjanya, kalau pada kondisi saturasinya perubahan temperatur kurang dari 1 derajat celcius maka alat tersebut dinyatakan lolos uji atawa layak pakai.

Berikut gambar2nya :

Trafo & CT

15062009098

Yang abu2 disebelah kiri pada gambar kiri adalah transformator untuk menaikkan tegangan dari sumber jala2. Lalu yang hijau adalah CT (current  transformer) buat naikin arus yang bisa mencapai 5000 Ampere pada 6 Volt (wew kk wew…!!!, lumayan buat masak air hahaha,,,,). Nah, kalau yang sebelah kanan itu adalah CB yang akan diuji dengan kenaikan temperatur tersebut.

Tak lama setelah halo-halo tentang pengujian temperature rise, kita halo-halo lagi ke pengujian kabel 20 kV pada kondisi ekstrem, jadi si kabel diberi kondisi yang paling parah yang dapat terjadi di lapangan, yaitu diberikan kabut asap yang mengandung garam, nah…si kabel ditutup dalam sebuah ruangan khusus karena kemungkinan bahaya sangat tinggi. Berikut adalah “kamar” si kabel yang dari luar saja sudah terdengar suara discharge akibat munculnya korona akibat kabut garam yang dapat menghantarkan listrik di sekitar terminal kabel.

15062009101

Selesai halo-halo di Lab Tegangan Tinggi kami disuruh untuk menunggu setengah jam karena kami akan berangkat ke Lab Daya yang ada di Kosambi. Alhasil FOTO-FOTO…!!!!!

15062009094

15062009104

Atas : Impuls generator 2000 kV (Simulasi petir) wew…!!!

15062009096

Atas : Uji Partial Discharge untuk kabel yang ada isolasinya.

Sekian dulu Part 1-nya dilanjutkan dengan part 2 di Laboratorium Daya, Kosambi, Jakarta Barat

-Salam dari yang baru aja KP-

==============================================

Yudha Pratomo (13206103)

Aroes Koeat Elektroteknik ITB

PT. PLN LITBANG Ketenagalistrikan

==============================================

Advertisements