Day 4 : Pengalaman Masuk Pabrik pertama kali dalam hidup

Bontang, 12 Juni 2009

@Home


Hai, ktemu lagi dengan saya… =) aduh admin nya rese banget, masa mesti di kasi read more mulai sekarang. Kan jadinya kalo mo liat foto2 gw jadi kelamaan, hehe !!

Hari kamis kemarin akhirnya sesuatu yang kami tunggu-tunggu telah jadi, apakah itu? yang pasti adalah badge untuk masuk ke pabrik. Sebelum nya gw pengen jelasin. Jadi PT. Pupuk Kaltim itu dibagi menjadi beberapa zona. Zona lingkar paling luar, zona plant site, dan zona pabrik. Selama ini dari hari Minggu, kami hanya bisa sampai zona plant site saja. mesti menggunakan ijin khusus untuk bisa masuk zona pabrik karena tidak bisa orang sembarang yang masuk ke sana (berarti kita orang luar biasa, haha)

Ini dia skrisut badge gw

1

Oke, setelah mendapatkan badge baru akhirnya pada pukul 9 pagi kami pergi ke dalam pabrik menggunakan mobil jemputan. Area pabrik PKT ini sangat tertib, yang hanya diperbolehkan masuk adalah kendaaraan khusus pabrik atau disebut dengan mobil pool . Jadi karyawan yang tidak memiki ijin masuk kendaraan, mereka masuk ke dalam pabrik dengan menggunakan sepeda. Konsep bike to work di terapkan di PKT. Untuk mencapai pabrik dari gerbang pos utama kira-kira jaraknya 1 km, jadi karyawan yang tidak memiliki sepeda seperti gw dan anak-anak harus jalan kaki ke dalam (cape deeeh). Namun PKT berbaik hati, PKT memberikan fasilitas bus jemputan. Bus jemputan cuma ada untuk pergi pagi, sekitar jam 06.30-06.50, istirahat siang pukul 11.45, dan waktu pulang kerja pukul 16.00. Di sini kita dipaksa on time agar tidak terlmabat.

Kalo emang terpaksa telat bangun atau makan siangnya dinikmatin sehingga bus jemputan berangkat duluan, kita diharuskan ga tau malu kalo pengen ga capek. Cukup berdiri di pinggi pos gerbang utama. Angkat tangan kanan sampai tegak lurus posisi badan, lalu gerak-gerak kan jempolnya. Insya Allah, ada mobil yang berbaik hati untuk memberikan tumpangan, hehe…3x

Inilah foto kami di dalam area pabrik (sebenernya dilarang sih)

2
3

Seluruh perlengakapan safety diberikan secara gratis di sini, muali dari sepatu anti diijak truk, Helm pelindung, dan penutup telinga. Liat aja foto di atas, emang cocok gw jadi anak teknik kan? hehe…3x

Nah edisi selanjutnya gw bakal membahas tentang pabrik PKT, mulai dari Kaltim 1- Kaltim 2, hingga pabrik POPKA. So tunggu aja edisi selanjutnya. Btw, gw seneng banget di sini, kita diperlakukan berbeda dengan yang lain. Kita ditantang menulis laporan KP yang terbaik, mulai dari mencari masalah sendiri lalu solusi. Kenapa berbeda? karena pembimbing kita tau kalo kita dari ITB yang kata beliau harusnya berbeda dari universitas lain (spesial). Menantang sih, tapi di sisi lain cukup susah, berarti KP kali ini ga bisa cuma senang-senang doang/liburan T.T Mesti kerja keras, doakan saya menemukan topik yang bagus….

7

Advertisements